Tips Sehat

Tips Sehat, Kafein Minuman Berenergi Ternyata 5 Kali dari Kopi, Ini Dampaknya pada Jatung

Dibandingkan dengan secangkir kopi, minuman energi mengandung kafein 5 kali lebih banyak. Padahal,secangkir kopi saja kadang membuat jantung berdebar.

Editor: Suyanto
RomoloTavani
ilustrasi kopi. 

SURYA.co.id I Banyak orang usai melakukan olahraga atau aktivitas berat justru memilih minuman berenergi. Menambah stamina dan mempercepat pemulihan energi tubuh menjadi alasan. Sebuah alasan yang masuk akal dan menguntungkan. Tapi tahukah anda tentang dampaknya untuk kesehatan jangka panjang, utamanya bagi jantung?

Artikel Aprinda Puji yang dilansir Hellosehat.com, 23 November 2021 bisa memperkaya pengetahuan seputar minuman berergi dan dampak-dampaknya. Artikel berjudul Dampak Konsumsi Minuman Berenergi untuk Jantung Anda, telah ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

Apa kandungan minumen berenergi?

Kebanyakan minuman berenergi mengandung kafein, taurine, guaran, dan berbagai zat stimulan lainnya. Nah, kandungan zat-zat inilah yang membuat tubuh Anda jadi lebih segar, bertenaga, dan penuh stamina. Hal itu juga yang membuat otak jadi lebih fokus dan waspada dengan lingkungan sekitar.

Meski terlihat menguntungkan, Anda mungkin tidak sadar bahwa jenis minuman ini ternyata menyimpan efek buruk bagi tubuh. Efek buruk ini terutama karena tingginya kandungan kafein di dalam minuman energi.

Ilustrasi olahraga mudah untuk jantung
Ilustrasi olahraga mudah untuk jantung (Freepik by freepik)

Kandungan kafein minuman berenergi dibanding kopi?

Bila dibandingkan dengan secangkir kopi, minuman energi mengandung kafein 5 kali lebih banyak. Padahal, minum secangkir kopi saja terkadang membuat jantung Anda berdebar-debar. Bayangkan jika Anda mengonsumsi 5 cangkir kopi sekaligus, efeknya tentu akan jauh lebih buruk dari itu.

Kafein dinyatakan aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit, misalnya pada segelas teh atau kopi. Namun jika kandungan kafein lebih dari 400 miligram (mg), maka hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan jantung.

Apa dampak minuman berenergi?
Konsumsi minuman energi yang mengandung kafein bisa memberikan dampak untuk jantung dengan berbagai cara, di antaranya:

Pada orang yang tidak terlalu sering mengonsumsinya, kafein dapat menyebabkan tekanan darah sistolik (angka teratas dalam pembacaan tekanan darah Anda) meningkat dalam jangka pendek sebanyak 10 poin.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved