Breaking News:

Berita Sidoarjo

Jelang Pembangunan Rutan Medaeng, Sejumlah Napi Mulai Dipindahkan

Rutan di Medaeng akan diperluas dari 1,5 hektare menjadi 2,5 hektare dan posisi rutan bakal diubah.

Penulis: M Taufik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/M Taufik
Suasana pemindahan warga binaan dari Rutan Surabaya ke tempat lain, Kamis (28/10/2021). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Sejumlah warga binaan di Rutan Surabaya mulai dipindahkan ke lapas lain di Jawa Timur, Kamis (28/10/2021).

Secara bertahap, pemindahan bakal terus dilakukan menjelang pelaksanaan pembangunan rutan di Medaeng, Sidoarjo tersebut.

Tahap pertama ini, terhitung ada 60 orang warga binaan yang dipindahkan ke dua lapas berbeda. Sebanyak 30 orang dipindah ke Lapas Pasuruan dan 30 orang dibawa ke Lapas Probolinggo.

Proses pemindahan dilakukkan menggunakan dua kendaraan Trans Pemasyarakatan yang dikawal ketat oleh petugas Pemasyarakatan dan pihak kepolisian.

Menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono, rencana pembangunan Rutan Surabaya di Medaeng membuat Kanwil Kemenkumham Jatim harus mulai melakukan penyesuaian jumlah penghuni.

Pihaknya menargetkan, Rutan Medaeng harus menekan jumlah penghuni hingga di angka 1.000 orang saja. Karena pemindahan tidak bisa dilakukan sekali waktu, prosesnya pun dijalankan bertahap.

“Kami sedang berupaya mengkondisikan Rutan Surabaya agar bisa konsisten di 1.000 penghuni saja,” ujar Krismono.

Diakuinya, bahwa tantangan ini membutuhkan koordinasi dan strategi yang baik. Karena, distribusi keluar dan masuknya WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) sangat dinamis dan bergantung aparat penegak hukum lain.

Sementara menurut Kepala Rutan Surabaya, Hendrajati, saat ini tren warga binaan yang masuk ke Rutan Surabaya menunjukkan penurunan.

Selama Oktober 2021, warga binaan yang masuk hanya sekitar 177 orang. Di periode yang sama, pihaknya telah melakukan distribusi 254 warga binaan ke lapas-lapas di seluruh Jatim.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved