Breaking News:

HUT ke 20 Kota Batu

Tiga Hal Ini Harus Diperhatikan Pegiat UMKM di Kota Batu untuk Bertahan di Masa Pandemi

Tiga hal ini perlu dilakukan oleh pegiat UMKM Kota Batu agar mampu bertahan di tengah pandemi.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Cak Sur
Istimewa
Staf Khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Muhammad Riza Adha Damanik saat webinar dan talkshow nasional dalam rangka HUT ke-20 Kota Batu dengan tema "Revitalisasi Kebangkitan UMKM", Kamis (21/10/2021). 

SURYA.CO.ID, KOTA BATU - Staf Khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Muhammad Riza Adha Damanik menyarankan tiga hal ini untuk dilakukan pegiat UMKM Kota Batu agar mampu bertahan di tengah pandemi.

Yaitu konsolidasi brand, koperasi yang dibentuk UMKM perorangan dan ekosistem hulu hilir di pertanian.

"Untuk sustainable UMKM, saran saya untuk Wali Kota Batu dan pegiat UMKM di Batu, harus mulai konsolidasi brand. Jangan terlalu banyak merek, supaya orang mudah mengingatnya," urainya dalam webinar dan talkshow nasional dalam rangka HUT ke-20 Kota Batu dengan tema 'Revitalisasi Kebangkitan UMKM', Kamis (21/10/2021).

Dalam kegiatan yang digelar oleh Harian Surya, Tribun Jatim Network dan Pemkot Batu ini, Riza menegaskan, sudah saatnya UMKM perorangan membangun koperasinya.

Baca juga: Kota Batu Memiliki Potensi Pangan Besar untuk Perkembangan UMKM

Karena, ternyata koperasi di masa pandemi ini mampu menguatkan anggotanya. Karena koperasi mampu mitigasi usaha saat pandemi.

"Perlu juga membangun ekosistem hulu hilir, petani dan UMKM bisa melakukan penanaman dan produksi dengan kepastian konsumen. Jadi sejak awal sudah tahu kapasitas usahanya untuk ekonomi berkelanjutan," tegas Riza.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved