Breaking News:

Catat Jangan Salah Tanggal! Maulid Nabi Selasa 19 Oktober, Libur Nasionalnya Rabu, Ini Alasannya

Tanggal peringatan Maulid Nabi Muhammad SWA sesuai kalender hijriyah adalah 12 Rabiul Awal. Itu bertepatan dengan tanggal 19 Oktober 2021 Hari Selasa.

Editor: Suyanto
Surabaya.Tribunnews.com/Haorrahman
DOKUMEN - Sebanyak 50 ribu pengunjung Festival Banyuwangi Bersalawat yang digelar di Stadion Diponegoro, Senin (26/11/2018) malam. 

JAKARTA, SURYA - Tanggal peringatan Maulid Nabi Muhammad SWA sesuai kalender hijriyah adalah 12 Rabiul Awal. Tanggal itu bertepatan dengan tanggal 19 Oktober 2021 Hari Selasa.

Namun tanggal peringatan Maulid Nabi kali ini akan berbeda dengan tanggal hari libur nasionalnya. Sebab pemerintah telah menetapkan hari libur nasional untuk Hari Maulid Nabi Muhammad tanggal 20 Oktober 2021 Hari Rabu atau bergeser satu hari.

Sesuai namanya, Maulid Nabi (waktu kelahiran Nabi Muhammad), Maulid Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi diperingati setiap tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW, yaitu tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Tahun ini, bertepatan dengan hari Selasa, 19 Oktober 2021. Biasanya umat Islam akan memperingati pada malam jelang hari kelahiran. Berarti tahun ini jatuh pada Senin malam, 18 Oktober 2021.

Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa libur Maulid Nabi tidak jatuh pada tanggal yang sama.

Libur nasional bergeser

Pemerintah telah menetapkan bahwa libur nasional Maulid Nabi Muhammad bergser sehari, yaitu pada 20 Oktober 2021.

Perubahan libur Maulid Nabi tersebut seperti tertuang dalam Surat Keputusan bersama Menag, Menaker, dan Menpan RB No 712, 1, dan 3 tahun 2021.

Saat konferensi pers SKB 3 Menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Jumat (18/6/2021) lalu, Menko PMK, Muhadjir Effendi, mengatakan perubahan tersebut berkaitan dengan pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19.

Keputusan diambil untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan masih merebaknya penularan penyebaran yang sampai saat ini belum bisa tuntas.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved