Breaking News:

Kapan Sholat Tolak Bala Rabo Wekasan Dilaksanakan? Berikut Bacaan Niat, Tata Cara dan Doanya

Kapan sholat tolak bala atau Sholat Rabu Wekasan dilaksanakan? Simak berikut ini niat sholat tolak bala dan tata caranya.

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Adrianus Adhi
SURYA.CO.ID
Ilustrasi - Rabu Wekasan dan Sholat Tolak Bala 

SURYA.CO.ID - Sebelum membahas kapan waktu sholat tolak bala Rabu Wekasan (Rebo Wekasan) dilaksanakan lengkap bacaan niat dan tata caranya, berikut hukum sholat Rebo Wekasan dalam Islam.

Rabu Wekasan adalah hari Rabu terakhir di Bulan Safar, yang dipercaya sebagian masyarakat tak hanya di Indonesia namun juga bangsa Arab, sebagai hari sial atau hari turunnya bencana dan musibah.

Namun kepercayaan ini dibantah langsung oleh Rasulullah SAW, sebagaimana dijelaskan dalam hadits shahih riwayat Imam Bukhari dan Muslim:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ إِنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم: قَالَ لَا عَدْوَى وَلَا صَفَرَ وَلَا هَامَةَ. رواه البخاري ومسلم.

"Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda: "Tidak ada penyakit menular. Tidak ada kepercayaan datangnya malapetaka di bulan Shafar. Tidak ada kepercayaan bahwa orang mati itu rohnya menjadi burung yang terbang." (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Sehingga tradisi Rabu Wekasan tidak ada di dalam Islam, begitu juga melaksanakan Sholat Rabu Wekasan hukumnya haram.

Baca juga: Rabu Wekasan 2021 Kapan? Ini Pandangan Ulama Tentang Amalan dalam Islam

Namun bagi umat Islam yang merasa khawatir terdapat adanya musibah, bisa melaksanakan Sholat Hajat untuk tolak bala.

Berdoa untuk tolak bala (malapetaka) pada hari Rabu Wekasan hukumnya boleh, tapi harus diniati berdoa memohon perlindungan dari malapetaka secara umum (tidak hanya malapetaka Rabu Wekasan saja).

Waktu melaksanakan Sholat Hajat boleh dilaksanakan kapan saja, misalnya pagi hari (Waktu Shalat Dhuha) atau setelah Maghrib.

Niat Shalat Hajat Li Daf'il Bala'

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved