Breaking News:

Berita Jember

Bantuan Mengalir untuk Keluarga Penghuni Poskamling di Jember, Berkat Donasi lewat Media Sosial

Ia berembuk dengan sang suami untuk meminjamkan halaman rumah ayah mereka sebagai rumah sementara bagi Soleh dan dua anaknya.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
surya/sri wahyunik
Solehudin membersihkan Poskamping tempatnya tinggal bersama dua putrinya di Gang Barokah Jalan Slamet Riyadi Kelurahan Baratan, Kecamatan Patrang Jember, Selasa (5/10/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Kehidupan Soleh dan dua anaknya yang memprihatinkan karena harus berteduh di Poskamling, baru terkuak berkat inisiatif Shinta Galuh, warga Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang.

Shinta yang mengabarkan nasib M Solehuddin, penghuni Poskamling di Gang Barokah Jalan Slamet Riyadi Kelurahan Baratan, Kecamatan Patrang, lewat media sosial (medsos).

Dua hari sebelumnya, Shinta dan suaminya datang ke gang tersebut untuk menengok rumah orangtua mereka yang sudah kosong. Shinta berniat membersihkan rumah tersebut karena akan dipakai selamatan 100 hari meninggalnya sang ayah.

"Otomatis saya lewat Poskamling itu. Dan saya tanya kok Poskamling begitu (tertutup kain sebagai kelambu). Akhirnya saya buka, ternyata dipakai tempat tinggal," tutur Shinta kepada SURYA, Selasa (5/10/2021).

Shinta pun kaget. Lebih kaget lagi mendapati dua orang anak perempuan di dalam Poskamling itu. "Saya langsung tidak bisa tidur malam itu. Karena saya juga punya anak perempuan," lanjutnya.

Shinta kemudian berinisiatif membantu Soleh. Ia berembuk dengan sang suami untuk meminjamkan halaman rumah ayah mereka sebagai rumah sementara bagi Soleh dan dua anaknya.

Namun rumah sementara itu pun perlu dibangun. Shinta berinisiatif mencari donasi melalui Facebook (FB) dan ternyata banyak orang membaca statusnya. Sampai akhirnya, relawan Tagana Anang Bahtiar yang akrab dipanggil Cak Uud, juga mengetahui informasi dari Shinta itu.

Cak Uud langsung mendatangi lokasi tempat tinggal Soleh. Dan ia pun memotret kondisi Poskamling itu, Senin (4/10/2021) malam, kemudian mengirimkan kondisi tempat tinggal Soleh itu ke sejumlah grup WA, seperti grup Relawan Bencana, dan Wong Jember Peduli Bencana.

Akhirnya kisah Soleh pun diketahui publik. Selasa (5/10/2021), petugas dari sejumlah instansi mendatangi Poskamling tersebut. Donasi juga sudah mengalir.

"Sampai hari ini sudah dapat Rp 2 juta. Donasi itu rencananya untuk membangunkan rumah Pak Soleh di halaman rumah ayah ini. Mungkin nanti Pak Soleh punya pekerjaan, hasil bekerja bisa dikumpulkan untuk mengontrak, atau membeli rumah sendiri," lanjut Shinta.

Halaman
12
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved