Breaking News:

Berita Surabaya

Unesa Bareng Dispora dan KONI Kabupaten Probolinggo Dirikan Kampung Olahraga

Kampung olahraga tersebut dilaunching secara resmi di Lapangan Futsal Desa Curah Dringu, Kecamatan Tongas

Penulis: Zainal Arif | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Unesa
Launching kampung olahraga secara resmi di Lapangan Futsal Desa Curah Dringu, Kecamatan Tongas dihadiri Wakil Bupati Probolinggo, jajaran Dispora dan KONI Kabupaten Probolinggo. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memiliki program Jatim Seger yang bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga.

Mendukung program tersebut, UNESA bersama Dispora dan KONI Kabupaten Probolinggo berkolaborasi dalam menggagas kampung olahraga di Probolinggo.

Kampung olahraga tersebut dilaunching secara resmi di Lapangan Futsal Desa Curah Dringu, Kecamatan Tongas dengan dihadiri oleh wakil bupati Probolinggo, jajaran Dispora dan KONI Kabupaten Probolinggo.

Saat ini, sudah ada 5 desa di Probolinggo yang bertransformasi menjadi kampung olahraga.

Di antaranya Desa Curah Dringu di Tongas, Desa Wonokerso di Kecamatan Sumber, Desa Bago Kecamatan Besuki, Desa Kedungdalem di Kecamatan Dringu, dan Desa Gading Wetan di Kecamatan Gending.

Kepala Pusat Kajian Ilmu Keolahragaan UNESA, Moch Purnomo mengatakan, pendirian kampung olahraga tersebut merupakan inisiasi dari Dispora Probolinggo yang kemudian didukung penuh oleh UNESA dan KONI setempat dengan tujuan memasyarakatkan olahraga.

Baca juga: APBD Perubahan 2021 Kabupaten Trenggalek Disahkan

"Sehingga olahraga menjadi rutinitas warga dan menjadi bagian dari budaya pola hidup sehat di tengah masyarakat," ujar Purnomo kepada SURYA.co.id, Jumat (1/10/2021).

Menurutnya, masyarakat yang sehat dan bugar jiwa ragannya sangat penting dalam menopang kemajuan dan perkembangan masyarakat desa dan kabupaten.

Selain itu, kampung olahraga tersebut sebagai wadah strategis dalam menjaring dan menemukan bibit serta talenta-talenta olahraga untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jatim yang akan datang.

Dalam skala masif, kampung olahraga juga akan terus digagas di berbagai daerah yang nantinya dapat menjadi wadah pencarian bibit olahraga tanah air.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved