Breaking News:

PLN

Tiga Tim Inovator PLN Raih Penghargaan Dharma Karya ESDM 2021, termasuk Tim SPG BUGAR Banyuwangi

Tim SPG BUGAR PLN menerima penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2021 di peringatan hari jadi ke-76 Pertambangan dan Energi.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
Foto: PLN UID Jatim untuk surya.co.id
Tim SPG BUGAR PLN menerima penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2021 di peringatan hari jadi ke-76 Pertambangan dan Energi, dengan predikat “Muda”. 

SURABAYA, SURYA - Inovator PLN terima penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2021 di peringatan hari jadi ke-76 Pertambangan dan Energi.

Tiga tim inovator PLN tersebut berhasil memperoleh penghargaan dengan predikat “Muda”.

Salah satu inovator adalah Tim Strategi Pemasaran Energi Listrik pada Pertanian Buah Naga Tradisional yang biasa disebut Tim SPG BUGAR.

Tim ini terdiri dari Indriani, Nur Rella CTW, dan Selamet berhasil menerapkan penggunaan energi listrik untuk pertaniah buah naga yang diimplementasikan petani-petani buah naga di Banyuwangi.

Melalui energi listrik ini dapat mempercepat proses pematangan buah naga, dan memberikan kontribusi terhadap peningkatan penjualan listrik PLN ke pelanggan.

Tim SPG Bugar memiliki kiat menintesifkan penggunaan listrik di kalangan petani buah naga, mulai dari melihat potensi lahan buah naga yang mencapai 3.86 hektar.

Setelah itu dilakukan probing dan marketing intelejen buah naga, sosialisasi mudahnya mendapatkan listrik, survey instalasi PLN dan instalasi milik pelanggan, hingga customer engagement.

"Manfaat yang dirasakan adalah omzet petani buah naga meningkat karena bisa panen diluat musim, mencapai 4x lipat dibanding saat musim panen."

"Dampak sosial ekonominya peluang tenaga kerja, potensi agrowisata, industri turunan makanan olahan, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat disamping penjualan listrik," jelas Catur, salah satu inovator, Kamis (30/9/2021).

Dua tim inovator PLN lainnya adalah Tim Charge.IN terdiri dari Bobby Cristya S., Dody Suhendra, Andita Nastasia Lazuardi, Nurkholis Ari Sugiarto, Afrizal Firmansyah, Ali Akbar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved