Breaking News:

Berita Mojokerto

Pemkab Mojokerto Siapkan Desa Berbasis Wisata di Desa Bejijong Trowulan

Pemkab Mojokerto menyiapkan destinasi berbasis Desa Wisata Kampung Majapahit di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Mohammad Romadoni
Suasana di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (4/9/2021). 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Pemkab Mojokerto melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menyiapkan destinasi berbasis Desa Wisata Kampung Majapahit di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan.

Persiapan ini dilakukan, menyusul Desa Wisata Bejijong menjadi salah satu dari 50 desa wisata di seluruh Indonesia yang masuk nominasi 'Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021' dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf)

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, Desa Bejijong masuk dalam penilaian dari 50 desa wisata yang nantinya akan dikunjungi langsung oleh Kemenparekraf terkait sebagai desa wisata.

Di Jawa Timur ada enam kandidat yang masuk nominasi sebagai Desa Wisata, yakni Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong Kabupaten Mojokerto, Situbondo, Malang, Banyuwangi, Lumajang dan Kabupaten Blitar.

"Kami persiapkan di Desa Bejijong, ada budaya termasuk ekonomi kreatif yang potensi menjadi desa wisata tidak hanya di Mojokerto melainkan juga di Jawa Timur," ungkapnya, Sabtu (4/9/2021).

Tentunya sebagai desa wisata, sebut Bupati Ikfina, Desa Bejijong perlu dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung pariwisata meliputi penginapan (Homestay) yang telah tersedia, ekonomi kreatif sentra UMKM, kuliner, akses jalur/paket wisata dan lainnya.

Kearifan lokal di Desa Bejijong meliputi kesenian tari budaya Majapahit, Mayang Rontek dari generasi muda, homestay yang sudah ada berupa bangunan menyerupai struktur rumah Majapahit dan ditunjang perajin kuningan serta perajin patung.

Selain itu, pihaknya juga melibatkan tokoh masyarakat setempat guna menyiapkan potensi-potensi budaya yang ada sebagai pendukung wisata kampung Majapahit di Desa Bejijong,

"Destinasi wisata tentunya disesuaikan dengan kondisi yang ada dan kebutuhan, karena itu kami melibatkan seluruh elemen dalam persiapan ini. Sehingga, potensi apa yang perlu diperkuat kemudian fasilitas yang kurang segera diperbaiki," bebernya.

Menurut Ikfina, terwujudnya desa wisata di Desa Bejijong ini diharapkan tidak hanya menjadi destinasi saja melainkan dapat mendongkrak perekonomian daerah terutama masyarakat Kabupaten Mojokerto.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved