Breaking News:

Kehebatan Jet Tempur F-16 TNI AU yang Iringi Pesawat Pembom Angkatan Udara Amerika di Laut Sulawesi

Simak kehebatan jet tempur F-16 milik TNI AU yang mengiringi pesawat pembom (Bomber) milik Angkatan Udara Amerika Serikat.

tni.mil.id
Jet Tempur F-16 TNI AU Iringi Pesawat Pembom Angkatan Udara Amerika di Laut Sulawesi 

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Musahadah

SURYA.co.id - Simak kehebatan jet tempur F-16 milik TNI AU yang mengiringi pesawat pembom (Bomber) milik Angkatan Udara Amerika Serikat.

F-16 TNI AU bisa bersanding dengan pesawat bomber AS dalam rangka latihan bersama di Laut Sulawesi.

Melansir dari laman tni.mil.id, TNI Angkatan Udara dan United State of Pacific Air Force (US PACAF) melaksanakan latihan bersama yang bertajuk "Bomber Exercise" di atas Laut Sulawesi, Rabu (1/9/2021).

Latihan ini melibatkan sejumlah alutsista pesawat kedua angkatan udara, baik pesawat pembom (bomber), pesawat tempur dan juga pesawat intai.

TNI AU menerbangkan dua pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 3  Lanud Iswahjudi, Madiun dan satu pesawat Boeing 737 Intai  dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Baca juga: Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Gelar Pertemuan Bilateral dengan Pejabat Militer Negara Sahabat

Sementara US PACAF melibatkan dua pesawat pembom jenis B-52 dari 2nd Bomb Wing dari Barksdale Air Force Base, Louisiana, Amerika Serikat.

Penerbangan ini merupakan penerbangan integrasi pertama dalam sejarah yang melibatkan pesawat pembom milik Amerika Serikat dan pesawat milik TNI AU tersebut.

Bomber Exercise ini diselenggarakan melalui dua skenario latihan, yaitu Command and Control (C2) oleh Kosekhanudnas II Makassar dengan melibatkan Satuan Radar 225 Tarakan, 224 Kwandang, serta pelaksanaan latihan Escort oleh 2 pesawat F-16.

Melansir dari Wikipedia, F-16 Fighting Falcon adalah jet tempur multi-peran supersonik yang dikembangkan oleh perusahaan General Dynamics (lalu kemudian di akuisisi oleh Lockheed Martin), untuk Angkatan Udara Amerika Serikat.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved