Breaking News:

Kisah Keluarga Akidi Tio di Palembang, Donasi Gila-gilaan Rp 2 Triliun, Dokter Keluarga Sempat Kaget

Nama mantan pengusaha Palembang, almarhum Akidi Tio menyedot perhatian publik Sumatera Selatan (Sumsel).

Editor: Suyanto
Dok humas Polda Sumsel vis Kompas.com
SUMBANGAN JUMBO - Keluarga pengusaha asal Langsa, Aceh Timur, Almarhum Akidi Tio saat menyerahka donasi Rp 2 triliun untuk dana penanganan Covid-19, Senin (26/7/2021). Sumbangan diterima Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, bersama Gubernur Sumsel Herman Deru.(DOK. HUMAS POLDA) 

SURYA.co.id I PALEMBANG - Nama mantan pengusaha Palembang, almarhum Akidi Tio menyedot perhatian publik Sumatera Selatan (Sumsel).

Ini setelah keluarga almarhum Akidi Tio menyumbangkan uang Rp 2 triliun untuk penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan.

Keluarga pengusaha asal Langsa, Kabupaten Aceh Timur, itu, menyumbangkan jumlah yang fantastis tersebut karena Akidi pernah tinggal di Palembang.

Sumbangan itu diserahkan oleh Prof dr Hardi Darmawan, dokter keluarga almarhum Akidi di Mapolda Sumatera Selatan, Senin (26/7/2021)

"Semasa hidupnya almarhum Akidi selalu berpesan kepada anak dan cicitnya untuk memberikan kepedulian kepada sesama. Semua anak almarhum menjadi pengusaha, amanah inilah yang diteruskan oleh anak-anaknya," ujar Prof dr Hardi Darmawan, dokter keluarga almarhum Akidi saat menyerahkan sumbangan di Mapolda Sumatera Selatan, Senin (26/7/2021).

Der Hardi menjelaskan, keluarga Akidi Tio memang terkenal sebagai keluarga yang dermawan.Keluarga ini sering membantu masyarakat, termasuk sejumlah panti jompo di Palembang, khususnya ketika pendemi melanda. Sudah banyak bantuan yang diberikan oleh keluarga Akidi Tio dalam penanganan Covid-19. "Seperti kepada orang-orang yang melakukan isolasi mandiri, mereka banyak membantu misalnya kirim makanan. Hanya saja memang tidak dipublikasi," ujarnya.

Baca juga: UPDATE COVID INDONESIA: Sehari 28.228 Kasus, Meninggal 1,487, Lakukan Ini saat Terpapar

 Hardi mengaku sempat kaget dengan niat keluarga Akidi Tio itu. "Biasanya mereka itu nelpon untuk berobat. Tapi justru waktu itu malah bikin saya surprise karena mereka bilang mau kasih sumbangan dana bantuan untuk penanganan Covid dan kesehatan di Sumsel. Jumlah juga tidak tangung-tanggung besarnya," kata dia.

Terkait alokasi penyaluran dana, pihak keluarga menyerahkan seluruhnya kepada Pemprov Sumsel dan Polda Sumsel. "Itu amanah dari keluarga beliau. Apalagi memang saat ini banyak sekali terjadi masalah, baik dari rumah sakit, peralatan, nakes, macam-macam. Diharapkan, bantuan yang diberikan bisa bermanfaat," ujar dia.

Diserahkan pada Kapolda

Keluarga Akidi meminta agar dana itu diamanahkan ke Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri. Jenderal bintang dua ini mengenal keluarga almarhum saat sedang bertugas di Aceh.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved