Breaking News:

Berita Banyuwangi

Gotong Royong Hadapi Pandemi Covid-19, Banyuwangi Rekrut Relawan Tenaga Kesehatan

Ada pula rekrutmen relawan untuk petugas oksigen, juru rawat jenazah, petugas kebersihan ruang rawat inap, hingga transporter.

Penulis: Haorrahman | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Humas Pemkab Banyuwangi
Ruang perawatan pasien covid-19 di RSUD Banyuwangi 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi melakukan rekrutmen relawan tenaga kesehatan.

Total dibuka rekrutmen untuk 85 orang, yang terdiri atas dokter umum, perawat, bidan, tenaga teknis farmasi, analis laboratorium, hingga radiografer.

Ada pula rekrutmen relawan untuk petugas oksigen, juru rawat jenazah, petugas kebersihan ruang rawat inap, hingga transporter.

Mereka akan ditempatkan di RSUD Blambangan dan RSUD Genteng.

"Memang setelah kita cek di lapangan, ada keluhan soal ketersediaan tenaga kesehatan di tengah lonjakan pasien. Maka RSUD Blambangan dan RSUD Genteng merekrut relawan tenaga kesehatan. Saat ini sudah proses seleksi, dan saya minta dipercepat agar bisa langsung membantu penanganan pandemi, paling lambat besok sudah tanda tangan kesiapan bekerja,” ujar Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Selasa (6/6/2021).

Ipuk mengatakan, pihaknya juga akan mengatur skema rekrutmen relawan tenaga kesehatan terutama perawat yang bisa diperbantukan ke rumah sakit swasta yang menjadi rujukan penanganan Covid-19.

“Karena memang jumlah nakes saat ini jadi tantangan. Di satu sisi ada kenaikan jumlah pasien. Di sisi lain, beberapa nakes harus isolasi mandiri,” ujarnya.

Baca juga: Remaja Ponorogo Meninggal Tertimpa Pohon Sengon Laut di Hutan Pulung

Sementara Plt Direktur RSUD Genteng, dr. Rudi Hartawan mengatakan, para relawan yang telah mendaftar tersebut, secepatnya akan segera bekerja.

"Saat ini kami lakukan seleksi, dan secepatnya akan segera mulai bekerja. Kami butuh para relawan karena RSUD Genteng akan menambah kapasitas bed. Kami berterima kasih ternyata banyak yang peduli dengan kondisi saat ini," kata Rudi.

Di RSUD Genteng menurut Rudi, saat ini total seluruh formasi terdapat 118 orang yang mengikuti seleksi menjadi relawan tenaga kesehatan.

Direktur RSUD Blambangan dr Indah Sri Lestari mengatakan, relawan tersebut nantinya akan bekerja minimal selama satu bulan, dan tidak menutup kemungkinan akan dilakukan perpanjangan.

"Selama bekerja para relawan akan mendapat intensif sesuai standar yang ada di RSUD Blambangan," kata dr Indah.

BACA BERITA BANYUWANGI LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved