Breaking News:

TIPS SEHAT MASA PANDEMI

TIPS SEHAT di Tengah Menggilanya Covid-19: Coba 6 Tanaman Ini untuk Jaga Imunitas

Di tengah menggilanya penularan Covid-19, menjaga daya tahan tubuh atau imunitas menjadi kunci, selain menerapkan protokol kesehatan.

Editor: Suyanto
boldsky
Ilustrasi-KUNYIT 

SURYA.co.id I Wabah corona semakin menggila. Penularan besar-besaran dan sangat cepat terjadi dalam beberapa hari terakhir. Data terbaru, Jumat (25/6/2021), terjadi penularan hingga diatas 18.000 dalam 24 jam.

Dalam kondisi ini, menjaga daya tahan tubuh atau imunitas menjadi kunci, selain menerapkan protokol kesehatan.

Melansir laman Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada beberapa tanaman yang telah dikenal mampu meningkatkan imunitas.

Enam tanaman ini diantaranya:

1. Pegagan
Pegagan merupakan tanaman tradisional yang mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun, baik seluler maupun humoral.
Kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside mempercepat sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non-spesifik.

2. Bawang putih
Bawang putih memiliki keunggulan untuk menjaga kesehatan dengan cara meregulasi hormon dan aliran darah. Lebih jauh, bawang putih memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan yang efektif. Kadungan allicin di dalamnya dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.

3. Temulawak

Temulawak dikenal memiliki efek yang baik dalam meningkatkan imunitas tubuh. Tanaman ini mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya, di antaranya fellandrean, turmorel atau yang sering disebut minyak menguap, dan kurkuminoid.

Kurkuminoid sendiri terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin yang bermanfaat menetralkan racun, menghilangkan nyeri, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hari, dan antioksidan.

4. Meniran Meniran secara empirik digunakan untuk pengobatan gangguan ginjal, sariawan, malaria, tekanan darah tinggi, dan lain-lain. Dalam dunia farmasi, ekstrak meniran telah teruji secara klinis sebagai imunomodulator atau peningkat daya tahan tubuh.

5. Kunyit
Kunyit mengandung zat aktif yang khas, yaitu curcumioide dan ukanon jenis A, B, C, dan D yang berfungsi merangsang daya tahan tubuh.

6. Temu mangga
Temu mangga mempunyai aktifitas fagositosis terkuat dibandingkan empon-empon lain yang dikenal untuk meningkatkan data tahan tubuh. Untuk membuat minuman dari bahan tanaman di atas, cukup rebus 2-3 jenis bahan kering dalam 2 gelas air selama 15 menit. Anda bisa meminum ramuan itu 2 kali sehari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lonjakan Covid-19, 6 Tanaman Herbal Ini Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved