Breaking News:

Berita Surabaya

Universitas Muhammadiyah Surabaya Terima Mahasiswa Lewat Nilai UTBK

Pendaftar jalur ini dibebaskan dari seleksi Computer Based Test (CBT) apabila skor UTBK-nya sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa UMSurabaya
Kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Usai opngumuman jalur SBMPTN 2021 telah resmi dikeluarkan oleh LTMPT pada Senin (14/6/2021) lalu, peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) masih bisa memanfaatkan nilainya untuk mengikuti seleksi masuk Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya).

Ma’ruf Sya’ban, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Inovasi dan SDM menjelaskan, kebijakan ujian masuk menggunakan nilai UTBK sudah berjalan sejak dua tahun lalu.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memudahkan para pendaftar, dan terbukti efektif membantu proses pendaftaran.

“Tes UTBK sudah pasti kredibel untuk mengukur kemampuan awal calon mahasiswa. Proses pendaftaran semua prodi di UMSurabaya bisa menggunakan skor tes tersebut. Tentunya disesuaikan dengan pembagian kelompok ujian yaitu Saintek, soshum dan campuran," ujar Ma’ruf, Rabu (16/6/2021).

Radius Setiyawan, Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) menjelaskan alur pendaftaran seleksi ini tidak jauh berbeda dengan jalur regular.

Baca juga: Majboos Kambing Khas Dubai, Tak Perlu ke Timur Tengah di Kota Surabaya Bisa Incip di Sini

Yang membedakan adalah pendaftar jalur ini dibebaskan dari seleksi Computer Based Test (CBT) apabila skor UTBK-nya sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

“Pendaftar dapat menggunakan skor UTBK dua tahun terakhir (2020 dan 2021). Setelah melakukan pendaftaran online, menyerahkan sertifikat skor UTBK dan dinyatakan lulus, pendaftar bisa langsung melakukan daftar ulang,"urainya.

Namun, khusus pendaftar di Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) yang dinyatakan lulus harus melalui tahapan ujian selanjutnya, yakni uji kesehatan, psikologi dan wawancara.

Radius menambahkan bahwa pendaftar juga diberi kesempatan untuk memilih beberapa program unggulan yang tersedia.

Dari program Kartu Indonesia Pintar-Kuliah/KIP-K, beasiswa atlit, beasiswa difabel, beasiswa influencer, program alumni SMK-IT sampai varian program unggul lainnya.

"100 pendaftar pertama akan bebas biaya formulir," lanjutnya.

Perlu diketahui juga bahwa program seleksi memakai nilai UTBK ini sewaktu-sewaktu bisa ditutup apabila kuota terpenuhi.

Keterangan lebih lanjut terkait pendaftaran dan program unggulan bisa mengakses website: um-surabaya.ac.id dan bisa berkonsultasi di nomor 085852446337.

BACA BERITA SURABAYA LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved