Breaking News:

Berita Malang

Derita Calon TKW di PT CKS Malang, Ada yang Tewas Dipaksa Diam, Tak Boleh Pegang HP dan Nekat Kabur

Inilah derita calon TKW di balai PT Central Karya Semesta (CKS) yang ada di Kota Malang. Seorang calon TKW kabur menceritakan deritanya kepada warga.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Iksan Fauzi
Kolase SURYA.co.id/Kukuh Kurniawan/Tribunnews.com
Seorang warga Kota Malang menunjukkan lokasi 5 calon TKW terjatuh dari lantai 4 Balai Latihan Kerja milik PT CKS. 5 calon TKW memberikan alasan kabur karena merasa tersiksa. Kanan : ilustrasi TKW. 

SURYA.co.id | MALANG - Inilah derita calon TKW di balai PT Central Karya Semesta (CKS) yang ada di Kota Malang, Jawa Timur. Seorang calon TKW yang kabur menceritakan deritanya kepada warga.

Dari keterangan seorang calon TKW yang nekat kabur dari lantai 4 balai latihan, mereka diduga dilarang memegang handphone (HP), jam istirahat kurang hingga dipaksa diam ketika ada yang meninggal dunia.

Hal itu membuat 5 calon TKW nekat kabur dari lantai 4 dengan cara mengikat selimut menyambung untuk alat turun. Ironisnya, di saat menuruni gedung itu, selimut tersebut putus.

Nahasnya, dua di antara mereka yang kabur terjatuh hingga menyebabkan patah tulang. Sedangkan lainnya kabur meninggalkan temannya.

Seorang warga yang menolong calon TKW yang patah tulang akibat terjatuh, Halimah (25), mengaku sempat menanyai mereka. 

Menurut Halimah, mereka merasa tersiksa di balai latihan kerja tersebut. Bahkan, keterangan dari mereka yang terjatuh menyatakan, mayoritas para calon TKW ingin kabur dari balai tersebut. 

Adapun lokasi Balai Latihan Kerja Luar Negeri PT CKS terletak di Jalan Rajasa, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Lima calon TKW tersebut kabur secara heroik pada Rabu (9/6/2021) pukul 19.00 WIB.

"Menurut penuturan salah satu korban yang kami tolong, korban kabur karena tertekan dengan sistem pelatihan PT CKS. Selain itu korban juga mengaku, jam istirahatnya sedikit dan tidak diperbolehkan memegang HP sama sekali," ujar Halimah yang mengaku sempat menolong salah satu calon TKW yang kabur, Kamis (10/6/2021).

"Korban yang kami tolong itu juga mengaku, bahwa semua calon TKW yang ada di PT CKS ingin keluar semua. Bahkan menurut penuturan korban, ada salah satu calon TKW yang meninggal dunia. Namun, korban dan teman-temannya disuruh diam. Kalau ngomong, maka akan dihukum," pungkasnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved