Breaking News:

Larangan Mudik Lebaran 2021

3.000 Kendaraan Tak Lolos Masuk Jatim saat Larangan Mudik Lebaran 2021, Disuruh Putar Balik

Tercatat 3.169 kendaraan diputar balikkan. Dari jumlah kendaraan itu tercatat dari sembilan titik perbatasan di Jawa Timur.

surya.co.id/sugiharto
Check point di Bundaran Waru yang menjadi wilayah perbatasan dengan Kota Surabaya, saat hari pertama Larangan Mudik Lebaran 2021, Kamis (6/5/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Dirlantas Polda Jatim mencatatkan ada ribuan kendaraan yang masuk di Jawa Timur yang disuruh putar balik pada hari pertama penyekatan.

Tercatat 3.169 kendaraan diputar balikkan. Dari jumlah kendaraan itu tercatat dari sembilan titik perbatasan di Jawa Timur.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman mengatakan jumlah kendaraan itu tak lolos dalam pemeriksaan pos perbatasan.

"Banyaknya masyarakat yang tidak membawa surat keterangan bebas Covid-19. Lalu, banyak masyarakat yang berasumsi untuk bekerja pada lokasi yang dituju, tetapi tidak adanya surat izin dari perusahaan tempat kerja atau surat izin dari kelurahan atau kecamatan," jelas Latif, Jumat, (7/5/2021).

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021, Mobil Travel Dihentikan di Pos Pam Exit Tol Manyar Gresik

Latif merinci di delapan titik perbatasan Jatim dengan Jateng, ada total 971 sepeda motor, 1.386 mobil penumpang, 188 bus, 287 mobil barang, dan 35 kendaraan khusus yang diputar balik.

Lalu, penyekatan di batas Jatim dengan Bali, atau di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Latif menyebut ada 152 sepeda motor, 130 mobil penumpang, dan 20 mobil bus, yang diputar balik.

Sementara bagi masyarakat yang membawa surat keterangan namun tak membawa surat keterangan bebas Covid-19, akan dilakukan rapid test antigen di lokasi penyekatan.

"Namun yang tidak bisa menunjukkan syarat tersebut langsung diputar balik ke tempat asal para pelaku perjalanan mudik," pungkas Latif.

BACA BERITA LARANGAN MUDIK LEBARAN 2021 LAINNYA

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved