Breaking News:

Berita Lumajang

Lapas Kelas IIB Lumajang Usulkan 378 Napi Dapat Remisi Lebaran

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Lumajang tengah mengusulkan 378 orang mendapat remisi khusus Hari Raya Idul Fitri tahun 2021.

pixabay
Ilustrasi penjara 

SURYA.CO.ID, LUMAJANG - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Lumajang tengah mengusulkan 378 orang mendapat remisi khusus Hari Raya Idul Fitri tahun 2021.

Kasubsi Registrasi Lapas Kelas IIB Lumajang, Endra Suwartono mengatakan, ratusan napi itu terdiri dari berbagai perkara mulai dari perlindungan anak, pencurian, narkotika, penadahan dan lain-lainnya.

"Usulannya sudah kami ajukan ke Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham)," kata Endra.

Endra menyebut, ratusan napi yang diusulkan menerima remisi telah memenuhi semua persyaratan.

Antara lain menjalani minimal 6 bulan pidana, berkelakuan baik, dengan dibuktikan tidak pernah melanggar aturan selama berada di dalam lapas.

Sementara dari jumlah yang diusulkan itu, para napi nantinya akan mendapat masa remisi yang berbeda-beda mulai dari 15 hari hingga 2 bulan.

"Masa remisinya berbeda-beda ada yang 15 hari hingga 2 bulan. Yang jelas kalau untuk yang 2 bulan, itu napi yang kami usulkan sudah memasuki tahun ke 5 masa tahanan," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini pihaknya tengah menunggu surat balasan usai mengirimkan berkas remisi ke Kemenkumham.

Rencananya, hasil keputusan remisi itu akan diumumkan kepada narapidana saat lebaran nanti.

"Setelah Salat Idul Fitri, baru kami bacakan SK dari Menkumham, lalu akan kami tempel di setiap blok agar warga binaan saling tahu siapa saja dan berapa lama masa remisi mereka," pungkasnya.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved