Breaking News:

Berita Surabaya

Mengenal Lebih Dekat Budaya Jepang Lewat Origami

Workshop bertajuk Mengenal Prodi Sastra Jepang Melalui Origami ini diikuti sekitar 100 lebih partisipan dari berbagai kalangan.

Foto Istimewa Unitomo
Desy Irmayanti, Dosen Sastra Jepang FS Unitomo saat memberikan materi Origami di acara Workshop Origami Virtual, Sabtu (1/5/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Origami Program Studi (Prodi) Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Dr. Soetomo (FS Unitomo) menggelar Workshop Origami Virtual, Sabtu (1/5/2021).

Workshop bertajuk Mengenal Prodi Sastra Jepang Melalui Origami ini diikuti sekitar 100 lebih partisipan dari berbagai kalangan.

Para peserta tampak begitu antusias dalam membuat seni melipat kertas asal Jepang ini. Dengan dipandu oleh Desy setiap langkah demi langkahnya.

Dalam paparannya sebagai narasumber, Desy Irmayanti mengatakan dalam perkembangannya kesenian origami telah mengalami beberapa inovasi.

“Kesenian asal Jepang ini memiliki beragam jenis warna dan bentuk. Kalau dipelajari lebih lanjut, tingkatannya juga beragam," ujar Dosen Sastra Jepang Unitomo ini.

Menurutnya, origami tak hanya menggunakan selembar kertas namun juga dapat menggunakan dua tiga bagian kertas yang dipotong hingga dirangkai menjadi origami.

Baca juga: Cukup Bayar Rp 700.000, Air Bersih PDAM Sudah Mengalir ke Rumah Warga Kota Kediri

"Kesenian origami tidak hanya sebatas hobi untuk mengasah kreativitas, namun hasil origami bisa untuk berbisnis," ujarnya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat hasil kreativitas origami dapat digunakan sebagai souvenir atau hiasan dinding.

"Sudah barang tentu lewat origami semua orang bisa berbisnis," katanya.

Tak berhenti disitu, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan para peserta yang melakukan praktik membuat origami Kimono.

Eka Nur Fauziah sebagai salah satu peserta mengaku merasa senang dapat mengasah kreatifitasnya saat mengikuti workshop ini.

“Sebelumnya saya cuma bisa membuat origami yang biasa saja, namun kakak - kakak membuat saya jadi tau lebih banyak jenis dan model origami yang bisa dibuat," ungkapnya.

BACA BERITA SURABAYA LAINNYA

Penulis: Zainal Arif
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved