Breaking News:

Berita Surabaya

UINSA Miliki Observatorium Astronomi Sunan Ampel Untuk Belajar Ilmu Falak

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya baru sja meresmikan Peresmian Observatorium Astronomi Sunan Ampel (OASA)

SURYA.CO.ID/Sulvi Sofiana
Rektor UINSA, Prof Masdar Hilmy saat menunjukkan Observatorium Astronomi Sunan Ampel (OASA) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) yang berada di rooftop Lantai 10 Gedung Twin Towers B Pascasarjana UINSA Surabaya, Rabu (21/4/2021). 

SURYA CO.ID, SURABAYA - Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya baru sja meresmikan Peresmian Observatorium Astronomi Sunan Ampel (OASA) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) sebagai media belajar ilmu falak.

Nur Lailatul Musyafaah, Kepala Laboratorium FSH mengungkapkan OASA menjadi tempat praktik pengamatan dan pembelajaran hilal bagi seluruh Mahasiswa Program Studi Ilmu Falak.

OASA dikatakan wanita yang akrab dipanggil Musyafaah ini berada di rooftop Lantai 10 Gedung Twin Towers B Pascasarjana UINSA Surabaya.

OASA memiliki Kubah berdiameter 1,7 meter yang dapat berputar 360o (tiga ratus enam puluh derajat). Didalam kubah terdapat teleskop Meade LX600 12 Inchi yang dapat bergerak secara otomatis mencari posisi benda langit.

Teleskop disertai detektor kamera Nikon D7200 atau ZWO ASI 120 MC untuk merekam objek langit.

"Selain teleskop utama OASA memiliki beberapa alat lainnya yang biasa digunakan untuk pengamatan hilal dan pembelajaran Ilmu Falak. Seperti Theodolite, Jam Matahari, Astrolabe, Binocular, Teleskop Manual, kompas, dan GPS,"urainya, Rabu (21/4/2021).

Tidak hanya pengamatan hilal, OASA bisa menjadi media pembelajaran langit seperti mengamati planet, bintang, galaksi, nebula dan objek langit lainnya.

"Pelaksanaan pengamatan objek langit bisa pagi, siang, sore, bahkan malam hari,"ujarnya.

Apalagi, dikatakan Musyafaah, saat ini antusiasme masyarakat terhadap fenomena langit sangat besar. Seperti Gerhana bulan, gerhana matahari yang terjadi dikawasan Indonesia mendapat perhatian yang besar.

"OASA beserta Prodi Ilmu Falak FSH UINSA dapat memberikan layanan terhadap masayarakat dalam bentuk kunjungan umum terhadap fasilitas yang ada di observatorium. Masyarakat didampingi untuk mengetahui beragam peralatan dan kegiatan pengamatan langit terutama untuk kegiatan pengamatan hilal dan gerhana,"urainya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved