Breaking News:

Berita Sampang

Kapasitas Rutan Sampang Sudah 'Meledak', Kebanyakan Dijejali Napi Narkoba

Fajarisman menambahkan, dengan kondisi rutan yang makin sesak itu maka pihaknya harus memaksimalkan persediaan kamar

surya/hanggara pratama
Rutan Klas II B Sampang, Jalan KH. Wahid Hasyim Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura. 

SURYA.CO.ID, SAMPANG - Seperti hampir semua Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Jatim, jumlah penghuni Rutan Klas II B Sampang ternyata sudah melampaui kapasitas alias overcapacity. Saat ini rutan sudah tak mampu menampung 'ledakan' jumlah napi yang mencapai 252 orang.

Dari 352 penghuni itu, terdiri atas 97 tahanan dan 255 napi. Padahal kapasitas normal Rutan Sampang hanya 168 orang, atau mengalami kelebihan lebih dari dua kali lipat.

Kepala Pengamanan Rutan Kelas II B Sampang. Fajarisman mengatakan, jumlah tersebut melebihi kapasitas Rutan Sampang. Dan yang paling banyak menjejali sel-sel rutan adalah para napi kasus narkoba.

"Jumlah warga binaan tersebut mayoritas dihuni oleh napi kasus narkoba sampai 219 orang. Sedangkan sisanya merupakan kasus campuran seperti pencurian, kekerasan dan kasus-kasus kejahatan lainnya," kata Fajarisman, Senin (19/4/2021).

Fajarisman menambahkan, dengan kondisi rutan yang makin sesak itu maka pihaknya harus memaksimalkan persediaan kamar. Terpaksa ada yang satu kamar diisi 20 sampai 30 orang.

Menurut Fajarisman, sebenarnya solusi untuk mengurangi jumlah warga binaan adalah memindahkan ke rutan-rutan laindi luar daerah. Akan tetapi, semua rutan di luar Sampang juga kelebihan penghuni. "Saat ini semua rutan juga mengalami overcapacity," terangnya.

Sedangkan untuk melakukan renovasi dengan menambah ruangan di rutan, pihaknya tidak memiliki kewenangan. Pihak rutan harus mendapatkan rekomendasi dari pemerintah pusat dan kantor wilayah Kemenkumham jawa Timur.

“Sudah ada denahnya sendiri, jadi harus seizin pemerintah pusat dan kanwil," pungkasnya. HANGGARA PRATAMA

Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved