Breaking News:

Berita Malang Raya

Bulan Ramadan, Penjual Kurma di Embong Arab Kota Malang Panen Rezeki

Memasuki bulan suci Ramadan, buah kurma menjadi makanan favorit yang banyak dicari oleh masyarakat.

SURYA.CO.ID/Rifky Edgar
Penjual kurma di daerah Embong Arab kota Malang ramai diserbu masyarakat saat bulan suci Ramadan, Sabtu (17/4/2021). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Memasuki bulan suci Ramadan, buah kurma menjadi makanan favorit yang banyak dicari oleh masyarakat.

Hal ini dilihat dari naiknya omzet penjualan para pedagang kurma di daerah Embong Arab Kota Malang saat bulan suci Ramadan tahun ini.

Seperti di toko Raja Kurma yang terletak di Jalan Yulius Usman Kota Malang, dalam per hari mampu meraih pendapatan kotor hingga 150 juta.

Pendapatan tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, karena efek dari meningkatnya kasus pandemi Covid-19 dan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Karena kami agen dan memiliki sejumlah toko di Surabaya, Medan dan tiga toko di Kota Malang sebagai pusatnya, jadi pendapatan kami cukup banyak. Karena menyuplai juga sejumlah toko kurma di Kota Malang," ucap Zakaria, kepala Toko Raja Kurma di Kota Malang, Sabtu (17/4/2021).

Pria yang juga keponakan dari pemilik Toko Raja Kurma tersebut mengatakan, jenis kurma yang paling banyak dicari oleh masyarakat saat Ramadan adalah kurma Sukari.

Kurma Sukari yang berasal dari Madinah tersebut banyak dicari, karena memiliki tekstur yang lembut dan memiliki tingkat kemanisan yang cukup.

Selain kurma Sukari, ada kurma Golden Valley dari Mesir yang cukup banyak dicari oleh masyarakat, karena memiliki rasa yang mirip seperti kurma Madu.

"Best sellernya ya kurma Sukari, untuk sekilonya kami jual Rp 80.000. Tiga kilo yang biasanya saya jual per kardus 170.000 ada yang Rp 500.000 ribu. Tergantung takaran harganya," ucapnya.

Selain itu, ada 20 jenis kurma lain yang dijual di Toko Raja Kurma. Di antaranya ialah jenis Ajwa, Palm Frutt, Khalas, Emirat, Rabe, Shalabi, Madu dan Mesir.

Beberapa kurma tersebut ada yang disimpan di dalam toko dan ada yang dijual di luar toko yang biasanya kerap diwadahi toples berukuran besar. Harganya pun cukup bervariasi, mulai dari Rp 30.000-300.000 per kilogramnya.

"Biasanya orang beli yang per ons. Tapi banyak juga yang kiloan. Itu biasanya jenis kurma Emirat. Kurma Emirat sering di taruh di depan toko karena tahan panas," ucapnya.

Selain kurma, froozen food juga jadi buruan masyarakat saat bulan suci Ramadan. Seperti roti Maryam, Sambosa, Kebab hingga Pastel. Makanan tersebut jadi pilihan masyarakat, karena cukup praktis ketika dijadikan sajian berbuka puasa maupun sahur.

"Frozen food itu yang laris. Dan juga ada beberapa makanan untuk umroh dan haji ya. Karena kalau umroh dan haji itu sebenarnya unggulan kami juga di samping kurma. Cuma, saat puasa ini kurma yang jadi langganan masyarakat," tandasnya. (Rifky Edgar)

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved