Breaking News:

Berita Surabaya

Siswa SMA Muhammadiyah 2 Kota Surabaya Kunjungi Kampus Secara Virtual

FISA merupakan kegiatan tengah semester yang diselenggarakan setiap tahun yang diikuti seluruh siswa kelas X.

surya.co.id/sulvi sofiana
Siaran Field Trip Study Activities (FISA) secara virtual di studio sekolah, Senin (5/4/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Siswa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Smamda) mengikuti Field Trip Study Activities (FISA) secara virtual, Senin (5/4/2021).

FISA merupakan kegiatan tengah semester yang diselenggarakan setiap tahun yang diikuti seluruh siswa kelas X.

Astajab, kepala Smamda mengungkapkan mengusung tema Designing Future Success by Virtual Institutional Visits, FISA kali ini dikemas sebagai hasil kolaborasi mata pelajaran Bimbingan Konseling,
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan beberapa mata pelajaran di peminatan MIPA/IPS/IBB.

"FISA biasanya dilakukan dengan kunjungan ke beberapa tujuan. Karena pandemi covid 19, maka kegiatan ini dilakukan secara virtual," urainya.

Dengan kegiatan ini, diharapkan siswa akan membangkitkan semangat belajar peserta didik dalam upaya menemukan jurusan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan.

"Dengan kunjungan ini, siswa bisa lebih tahu sistem penerimaan di PTN dan menyiapkan lebih awal untuk masuk ke Perguruan Tinggi," terang Astajab.

Baca juga: Wali Kota Blitar Santoso Resmikan Pelayanan Publik Terpadu di Blitar Square

Baca juga: Kronologi Pria Asal Kunjang Kabupaten Kediri Tewas Usai Tabrak Mobil Mogok di Tengah Jalan

Kunjungan Virtual dengan aplikasi Meeting Zoom ini dilalukan beberapa tempat yaitu Institut Tehnologi Sepuluh November (ITS) di Surabaya, IPB University di Bogor, Universitas Diponegoro di Semarang dan Bursa Efek Indonesia.

"Dengan berhubungan langsung dengan pengelola jurusan, siswa bisa memiliki gambaran program studi dan jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya," imbuhnya

Wakasek Humas, Rr Tanti Puspitorini menambahkan kegiatan ini akan diikuti oleh 388 orang peserta didik kelas X .

Dengan rincian 315 orang peminatan MIPA, 62 orang peminatan IPS dan 11 orang peminatan Bahasa (IBB) dengan didampingi oleh seluruh wali kelas .

"Untuk kunjungan ke ITS dan BEI bisa diikui semua siswa. Sementara di perguruan tinggi lain sesuai minat siswa, jadi yang ke IPB diikuti oleh 315 siswa. Kunjungan ke Undip diikuti oleh 73 siswa,"lanjutnya.

Sebelum mengikuti kegiatan di tiap perguruan tinggi baik ITS, IPB maupun UNDIP, dikatakan Tanti para siswa juga melihat video dari para alumni yang telah lolos masuk PTN sebagai motivasi.

"Kegiatan ini akan diakhiri dengan post tes dan pemberian tugas berkelompok berupa video yang nantinya diupload di Instagram," lanjutnya

Tugas diberikan berkelompok dengan tujuan peserta didik mampu berkomunikasi dengan temannya dalam menyelesaikan permasalahan walau dalam daring.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved