Breaking News:

Apa Itu Puasa Nisfu Sya'ban? Berikut Penjelasan Ulama dan Bacaan Niatnya

Apa itu Puasa Nisfu Syaban? Simak penjelasan ulama dan bacaan niat Puasa Nisfu Syaban.

Freepik.com
Ilustrasi Apa Itu Puasa Nisfu Syaban 

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Musahadah

SURYA.CO.ID - Apa itu Puasa Nisfu Syaban? Yang dimaksud Puasa Nisfu Syaban adalah Puasa di hari Nisfu Syaban.

Diketahui Nisfu Syaban adalah hari ke-15 Bulan Syaban, yang biasa diperingati dengan berbagai amalan, salah satunya puasa.

Menurut ceramah Ustadz Abdul Somad, di waktu Nisfu Syaban, Allah akan mengampuni semua dosa Muslim yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh.

"Pada malam Nisfu Sya’ban, Allah akan mengampuni semua dosa umatnya yang pada malam itu bersujud dan bertaubat mohon ampun, kecuali dua, musyrik (mempersekutukan Allah) dan orang yang bertengkar tapi tidak berdamai sampai malam nisfu Sya’ban tiba,” katanya.

Terdapat hadist larangan puasa pada waktu Nisfu Syaban atau pertengahan bulan Syaban, yang berbunyi:

Hadist Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda, "Jika telah masuk pertengahan Bulan Sya'ban maka janganlah kalian berpuasa," (HR. Abu Daud).

Namun menurut Ustadz Abdul Somad hadist tersebut adalah hadist dhaif atau lemah.

Menurut Ustadz Abdul Somad dalam video ceramahnya, hadis tentang puasa di siang hari saat Nisfu Syaban adalah daif atau lemah, tetapi boleh saja kita lakukan jika ingin berpuasa.

"Kalau mau, silakan saja, apalagi jika untuk kebaikan bersama, tetapi hadisnya lemah. Hadis puasa di bulan Syaban yang kuat adalah berpuasa di bulan-bulan haram atau mulia, yaitu Zulhijjah, Zulkaidah, Rajab dan Syaban, dan Allah akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya di malam Nisfu. Jadi, ini hadisnya umum bulannya, tak khusus dijelaskan harus di saat Nisfu Syaban, tetapi di bulan-bulan haram," jelas UAS.

Halaman
1234
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved