Breaking News:

Sambang Kampung

Jaga Kualitas Hidroponik, Hasil Panen Warga Kedurus Surabaya Tembus Pasar Modern

Terobosan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kedurus Asri, berhasil mengirimkan produk hidroponiknya hingga pasar modern Citraland

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Ahmad Zaimul Haq
TEMBUS PASAR MODERN - Hidroponik yang dibudidayakan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kedurus Asri RT 12, RW 8 Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karangpilang, Surabaya, dengan kualitas hidroponik yang terjamin bebas bahan kimia, KWT Kedurus berhasil mengirimkan produk hidroponiknya hingga pasar modern Citraland. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Hidroponik menjadi tren yang marak di kalangan warga Surabaya. Namun, biasanya hasil hidroponik hanya di konsumsi warga sekitar saja.

Terobosan berbeda dilakukan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kedurus Asri RT 12, RW 8 Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karangpilang.

Dengan kualitas hidroponik yang terjamin bebas bahan kimia, KWT Kedurus berhasil mengirimkan produk hidroponiknya hingga pasar modern Citraland

ketua KWT, Siti Nurul Ida Susanti mengungkapkan, hidroponik yang dikembangkan KWT awalnya bantuan dari pemerintah, kemudian dikembangkan bersama dengan binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya.

"Kami memilih mengembangkan hidroponik karena kami tidak perlu kotor-kotor. Dan perawatannya mudah," ujarnya, Senin (22/3/2021).

Setidaknya, 30 warga tergabung dalam KWT bergantian mengurus lahan fasilitas umum perumahan yang menjadi tempat budidaya hidroponik dan aneka sayuran.

Mulai dari pembibitan, penyemaian hingga panen dilakukan secara berkala. Sehingga, hampir tiap minggu terdapat sayuran yang dipanen.

"Karena lokasi kebun di perumahan kami juga menargetkan pasarnya ke warga perumahan. Karena harga sayur hidroponik mahal dan kalau dijual di pasar tradisional atau warga kampung akan jarang peminatnya," ujarnya.

Siti mengungkapkan, awalnya ia dan para anggota hanya sekedar menanam seadanya, tetapi saat sudah mulai melakukan prosesnya dan terlihat hasilnya kini menjadi menyenangkan.

"Satu instalasi pakcoy saja bisa panen hingga 20 kilogram. Dan panen diusahakan ada tiap Minggu, jadi tiap minggu kami panen sayur berbeda," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved