Breaking News:

Mobil Bisa Terbakar Akibat Modfikasi Audio, Begini Tips Aman dari Toyota Astra

Tren modifikasi mobil empat terus mengalami perkembangan, khususnya di kalangan kawula muda

Editor: Suyanto
SURYAOnline/wiwit purwanto
Salah satu perserta audio contest dalam gelaran GIIAS 2019 di Surabaya. 

SURYA.co.id I JAKARTA - Tren modifikasi mobil empat terus mengalami perkembangan, khususnya di kalangan kawula muda. Tetapi, melakukan ubahan atau penambahan suatu komponen di mobil bisa berpotensi menghanguskan garansi pabrikan. Bahkan dalam suatu kasus tertentu dapat berdampak fatal.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan, salah satunya ialah saat pemilik memutuskan untuk memodifikasi bagian yang berhubungan dengan kelistrikan.

“Dari pabrikan sudah punya standar, kabel yang digunakan itu bisa menampung beban seberapa besar,” ujarnya.

Sebagai contoh upgrade audio, bila tidak diimbangkan dengan suatu penambahan daya maka cukup berisiko. Apalagi pengerjaan dilakukan oleh pihak yang tidak berpengalaman.

Didi melanjutkan, jika ada kabel yang kelebihan beban, kemudian menjadi panas dan meleleh, dampaknya bisa ke mana-mana, mulai dari korsleting hingga kebakaran. Terlebih jika kabel yang bersangkutan hanya disambung dan ditempel kembali, bukannya buat arus sendiri.

“Hal yang kita hindari itu kalau terjadi kerusakan atau kebakaran yang diakibatkan modifikasi yang dilakukan pihak lain, lalu klaimnya ke pihak pabrikan,” kata dia.

Didi menambahkan, kalau ada terjadi kebakaran begitu, biasanya pihak pabrikannya dulu yang dipertanyakan. “Tentunya pihak pabrikan pasti akan melakukan investigasi terlebih dahulu. Jadi lebih baik tidak melakukan modifikasi,” ucapnya.

Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved