Breaking News:

Berita Situbondo

Kebakaran Motor Sambar Mesin SPBU di Situbondo, Gara-Gara Busi Tidak Diberi Penutup

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 300 juta.

surya/izi hartono
Petugas berjuang memadamkan kobakaran api yang membakar mesin pengisian BBM di Situbondo, Senin (22/2/2021). 

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - Ini tips bagi pemilik motor agar selalu memasang busi dengan pengaman atau karet penutup, agar percikannya tidak memicu kebakaran. Akibat tidak diberi penutup busi, sebuah sepeda motor terbakar di sebuah SPBU di Situbondo, bahkan ikut menyambar dua sepeda motor lain, Senin (22/2/2021) siang.

Tidak hanya itu letupan api dari motor juga mengenai sebuah mesin pengisian BBM di SPBU Watulonggo, Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 300 juta.

Herman, manajer SPBU Watulonggo menjelaskan kepada SURYA, kebakaran terjadi ketika sebuah motor dinyalakan pemiliknya, usai mengisi BBM. Mendadak ketika distarter, muncul percikan api dari bawah motor dan seketika menjadi kobaran besar.

Herman tidak mengingat siapa pemilik motor dan berapa nomor polisinya. Tetapi dalam hitungan detik, kepanikan terjadi di SPBU itu, karena api membakar bodi motor dan menyambar mesin pengisian BBM, serta dua motor lainnya.

"Kebakaran itu terjadi setelah petugas melayani pengisian BBM. Saat pemilik motor menghidupi kendaraannya, api terlihat memercik," tutur Herman.

Namun berkat kesigapan beberapa petugas SPBU, kebakaran bisa dikendalikan sebelum membesar. Dalam hitungan menit kobakaran api dipadamkan oleh petugas SPBU memakai alat pemadam kebakaran (APAR). "Hanya beberapa saat kobaran api itu sudah berhasil dipadamkan," katanya.

Herman membenarkan bahwa percikan api berasal dari busi motor yang tidak ada penutup atau pengaman. "Makanya ke depannya kami akan lebih berhati-hati. Kalau perlu motor yang businya tidak aman, akan ditolak mengisi BBM," pungkasnya. ***

Penulis: Izi Hartono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved