Breaking News:

Berita Tuban

Kapolres Tuban Paparkan Skenario Zona Merah pada PPKM Mikro, Kegiatan Sosial pun Ditiadakan

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, kriteria untuk zona hijau bisa diterapkan kalau tidak ada kasus Covid-19 di tingkat RT.

surya/mochamad sudarsono
Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono bersama Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon mengecek posko PPKM di Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban, Minggu (14/2/2021). 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro bertujuan untuk melakukan pengawasan pencegahan, serta pengendalian Covid-19 di lingkungan RT/RW.

Seperti penerapan PPKM berskala besar, juga ada skenario untuk PPKM mikro yaitu dengan status zona hijau, kuning, oranye dan merah.

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, kriteria untuk zona hijau bisa diterapkan kalau tidak ada kasus Covid-19 di tingkat RT. "Sehingga skenario pengendalian dilakukan dengan surveilans (pengamatan sistematis, red) aktif," kata Ruruh saat mengecek beberapa posko PPKM, Minggu (14/2/2021)>

Selain itu seluruh suspek akan dites dan pemantauan kasus tetap dilakukan secara rutin dan berkala. tambahnya.

Kemudian zona kuning diberlakukan kalau ada sampai 5 rumah dengan kasus positif dalam satu RT selama 7 hari terakhir. Dan skenario pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, dilanjutkan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat.

Sedangkan zona oranye dengan kriteria jika terdapat 6-10 rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama 7 hari terakhir, maka skenario pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat.

Selanjutnya, lanjut Ruruh, dilakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat. Selain itu harus menutup rumah ibadah, tempat bermain anak dan tempat umum lainnya kecuali sektor penting.

Untuk zona merah dengan kriteria jika terdapat lebih dari 10 rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama 7 (tujuh) hari terakhir, maka skenario pengendalian adalah pemberlakuan PPKM tingkat RT. "Memang ada skenario penanganan zona untuk tingkat PPKM, khususnya zona merah," ujar kapolres.

Bersama Komandan Kodim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon, Ruruh menjelaskan bahwa untuk penanganan zona merah ditindaklanjuti mencakup temuan kasus suspek dan pelacakan kontak erat.

Melakukan isolasi mandiri atau terpusat dengan pengawasan ketat. Menutup rumah ibadah, tempat bermain anak dan tempat umum lainnya kecuali sektor penting. Bahkan sampai melarang kerumuman lebih dari 3 orang. Membatasi keluar masuk wilayah RT maksimal hingga Pukul 20.00 WIB.

Kemudian meniadakan kegiatan sosial masyarakat di lingkungan RT yang menimbulkan kerumuman dan berpotensi menimbulkan penularan. "Itu semua dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona, kita lakukan pembatasan," pungkasnya. ****

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved