Breaking News:

Program Vaksinasi 2021

Ini Hukuman Bagi Warga yang Tolak Vaksin, Jokowi Teken Aturan Baru, Vaksinasi Mulai April 2021

Ada hukuman baru yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), bagi warga yang menolak divaksin Covid-19 dan ditunjuk sebagai penerima vaksin.

Foto Istimewa
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 bagi SDM Kesehatan Jatim. Warga yang menolak vaksin akan mendapatkan hukuman atau sanksi administratif. 

SURYA.co.id | JAKARTA - Ada hukuman baru yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), bagi warga yang menolak divaksin Covid-19 dan telah ditunjuk sebagai penerima vaksin. 

Adapun pemerintah mencanangkan vaksinasi kepada tenaga kesehatan dan TNI Polri mulai Januari, sedangkan untuk masyarakat umum mulai April 2021.

Apa saja hukuman atau sanksi yang akan diberikan kepada warga yang menolak divaksin Covid-19? 

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 tahun 2021 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 perubahan atau revisi dari Perpres 99 tahun 2020, penolak akan menerima sanksi administratif.

Apa saja sanksi administratif yang akan diberlakukan?

Perpres itu diteken pada 9 Februari 2021. 

Terdapat pasal yang mengatur kewajiban vaksinasi bagi masyarakat yang telah ditetapkan menerima vaksin.

"Setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima Vaksin Covid-19 19 yang tidak mengikuti Vaksinasi Covid-19 dapat dikenakan sanksi administratif," bunyi Pasal 13A ayat (4) sebagaimana dikutip tribunnews.com dari Perpres tersebut, Sabtu (13/2/2021).

Bagi masyarakat yang menolak untuk vaksinasi, padahal sudah ditetapkan sebagai penerima vaksin akan mendapatkan sanksi administratif.

Di antaranya, yakni berupa penundaan penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial;
Selain itu penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan; dan/atau denda.

Halaman
123
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved