Breaking News:

Travel

Libur Panjang Imlek, Penumpang KA Jarak Jauh Tetap Wajib Bawa Surat Keterangan Negatif Covid-19

Pengambilan sample tersebut maksimal diambil dalam kurun waktu 3 X 24 jam sebelum jam keberangkatan.

Foto Istimewa
Foto Ilustrasi penumpang kereta api di stasiun 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero tetap memberlakukan aturan wajib surat keterangan negatif Genose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR bagi penumpang KA Jarak Jauh.

Pengambilan sample tersebut maksimal diambil dalam kurun waktu 3 X 24 jam sebelum jam keberangkatan.

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan sample diambil maksimal dalam kurun waktu 1 X 24 jam sebelum keberangkatan.

Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, aturan tersebut sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 20 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian pada masa Pandemi Covid-19. Dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Plengsengan Ambrol di Dadaprejo di Kota Batu Putus Saluran Pipa PDAM

Soal dan Jawaban SBO TV Jumat 12 Februari 2021 untuk Siswa SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Resmi Dilantik Jadi Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana Fokus Penanganan Covid-19

"Dalam aturan tersebut juga disebutkan bahwa persyaratan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR tidak diwajibkan untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun," kata Ixfan Hendriwintoko dalam rilisnya, Kamis (11/2/2020).

Test Genose C19 yang dilakukan di stasiun KA bagi penumpang sebelum keberangkatan Kereta Api.
Test Genose C19 yang dilakukan di stasiun KA bagi penumpang sebelum keberangkatan Kereta Api. (Foto Istimewa)

Dijelaskan Ixfan Hendriwintoko, saat ini KAI telah menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp20.000 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta.

Dan sampai dengan tanggal 8 Februari 2021 lalu jumlah pelanggan yang telah menggunakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di dua stasiun KA tersebut telah mencapai 8.990 orang.

Untuk menggunakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun KA, dikatakan Ixfan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum dilakukan pemeriksaan.

Hal ini ditujukan untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

Pada saat pelaksanaan, calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved