Breaking News:

Calon Kapolri

Tok, Komisi III DPR Setuju Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri, Ini Profil dan Biodatanya

Seluruh anggota Komisi III DPR menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo menjabat Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Berikut profil dan biodatanya

Editor: Iksan Fauzi
Tribunnews/HO/Humas DPR RI
Calon Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberi salam saat mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021). Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dipilih Presiden Joko Widodo menjadi calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun. 

SURYA.co.id | JAKARTA - Seluruh anggota Komisi III DPR menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo menjabat Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

Persetujuan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR, Adies Kadir seusai menggelar fit and propertest calon Kapolri, Rabu (20/1/2020).

Artikel di bawah ini juga memuat profil dan biodata Komjen Listyo Sigit Prabowo yang bakal segera dilantik oleh Presiden Jokowi setelah prosedur di DPR usai.

Seperti diketahui, saat mendatangi gedung DPR, calon tunggal Kapolri pilihan Presiden Joko Widodo itu diantar para jenderal, termasuk Kapolri Jenderal Idham Azis.

Baca juga: Jawaban Tegas Komjen Listyo Sigit Prabowo Ditanya Kasus 6 Laskar FPI Tewas Ditembak Polisi

Baca juga: Biodata Komjen Listyo Sigit Masuk Bursa Calon Kapolri Pengganti Idham Azis, Mantan Ajudan Jokowi

Kapolri Idham Azis mengantarkan Komjen Listyo Sigit Prabowo di acara fit and propertest yang digelar di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021). Listyo diantar para jenderal senior maupun seangkatannya guna menepis Polri retak.
Kapolri Idham Azis mengantarkan Komjen Listyo Sigit Prabowo di acara fit and propertest yang digelar di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021). Listyo diantar para jenderal senior maupun seangkatannya guna menepis Polri retak. (tangkapan layar)

Adies Kadir mengatakan pihaknya segera mengirim surat kepada pimpinan DPR agar keputusan tersebut segera dibawa ke rapat paripurna dan Komjen Listyo Sigit Prabowo bisa segera dilantik menjadi Kapolri.

"Kami hari ini mengirimkan surat ke Pimpinan DPR RI agar supaya kalau bisa secepatnya mungkin besok dilakukan paripurna persetujuan DPR.

Dan segera dikirim ke bapak presiden untuk dilantik jadi Kapolri baru," ujar Adies, dalam konferensi pers di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta.

"Kami menyetujui pemberhentian bapak Jenderal Pol Idham Azis sebagai Kapolri dan menyetujui pengangkatan Kapolri baru bapak Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo," kata politikus Golkar itu.

Seluruh fraksi di Komisi III setuju jenderal bintang tiga itu menggantikan Idham Azis setelah melalui proses uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.

"Jadi kami semua di Komisi III seluruh perwakilan fraksi sudah menanyakan terkait makalah yang kemarin yang diajukan terkait visi misi beliau sebagai Kapolri, bagaimana kepolisian ke depan," kata dia.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved