Breaking News:

Berita Tuban

Tak Percaya Jenazah Covid-19 Telah Dishalatkan, Warga Congkel Peti Mati dan Gunting Kain Kafan

Gara-gara tak percaya jenazah Covid-19 telah dishalatkan, beberapa warga yang masih punya hubungan kerabat memprovokasi warga lainnya.

Foto Istimewa
Ilustrasi Petugas saat memakamkan jenazah pasien covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Pamekasan, Kamis (26/11/2020) malam. Sementara, kasus di Kabupaten Tuban, tiga warga ditetapkan sebagai tersangka setelah memprovokasi, congkel peti jenazah covid-19 dan menggunting kain kainnya. 

SURYA.CO.ID | TUBAN - Gara-gara tak percaya jenazah Covid-19 telah dishalatkan, beberapa warga yang masih punya hubungan kerabat memprovokasi warga lainnya.

Mereka mengadang mobil ambulans yang mengangkut peti jenazah Covid-19 lalu mencongkel peti tersebut menggunakan linggis serta menggunting kain kafan. 

Padahal, pihak tenaga medis yang mengangkut jenazah Covid-19 itu sudah menunjukkan video sejumlah petugas melakukan shalat jenazah.

Tak cukup di situ, tenaga medis juga menunjukkan surat hasil swab jenazah Covid-19 tersebut.

Namun, perbuatan baik para medis ini tak digubris warga yang tak percaya. 

Ada tiga warga yang diduga melakukan perbuatan konyol tersebut dan kini diperiksa polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Tiga orang pengambil paksa jenazah pasien Covid-19 di Desa Karangtengah, Kecamatan Jatirogo, Tuban, diperiksa penyidik, Senin (18/1/2021).
Tiga orang pengambil paksa jenazah pasien Covid-19 di Desa Karangtengah, Kecamatan Jatirogo, Tuban, diperiksa penyidik, Senin (18/1/2021). (SURYA.CO.ID/M Sudarsono)

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengungkapkan, mereka adalah NU (38), AA(32) dan N (53) yang diketahui warga setempat.

Mereka diduga melanggar UU nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan.

Aksi yang dilakukan para pelaku bermula rasa tidak percaya jika jenazah pasien covid-19 sudah disalati.

Kemudian memprovokasi warga setempat untuk melakukan penghadangan dan pengambilan paksa jenazah covid-19 saat akan tiba di rumah duka.

Halaman
123
Penulis: M. Sudarsono
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved