Breaking News:

SIG

SIG Fokus Pemanfaatan Sampah sebagai Bahan Bakar Alternatif

Sampah di Indonesia masih terus menjadi permasalahan krusial yang membutuhkan peran dari berbagai pihak.

foto: sig
Lokasi fasilitas Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Refused Derived Fuel (TPS RDF) di Tritih Lor, Jeruklegi, Cilacap, Jawa Tengah. 

SURABAYA, SURYA - Sampah di Indonesia masih terus menjadi permasalahan krusial yang membutuhkan peran dari berbagai pihak.

Tak hanya itu, pola penanganan yang simultan melalui program jangka panjang yang komprehensif dianggap sangat dibutuhkan untuk mengurai problematika yang cukup kompleks ini.

Beruntung, banyak pihak baik mulai sadar dan secara senyap maupun terang-terangan tergerak untuk ikut ambil tindakan.

Imbauan 3R (reduce, reuse and recycle), misalnya, sudah cukup familiar di masyarakat sebagai dampak dari kampanye positif yang digaungkan oleh sejumlah pihak.

Tak terkecuali juga inisiatif yang dilakukan oleh PT Semen Indonesia Tbk (SIG) yang memilih untuk  fokus terkait masalah sustainability.

"Dengan didorong oleh visi perusahaan dan sustainability strategy yang kami miliki, maka fokus kami lebih pada circular economy business sebagai keunggulan kompetitif kami," kata Hendi Prio Santoso, Direktur Utama SIG, Rabu (6/1/2021).

Demi mewujudkan pembangunan berkelanjutan, menurut Hendi, pihaknya berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan teknologi demi memaksimalkan kinerja perusahaan dan kemanfaatannya terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Salah satunya yaitu melalui upaya pemanfaatan energi alternatif untuk bahan bakar, sebagai bagian dari dukungan perusahaan terhadap langkah pemerintah dalam mengurangi penggunaan batu bara. 

"Kami ingin memberikan solusi jangka panjang dalam mengatasi persoalan sampah domestik yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan juga masyarakat luas,” tutur Hendi.

Dijelaskannya, semua pabrik SIG kini tanpa terkecuali telah menggunakan biomassa sebagai bahan bakar alternatif.

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved