Breaking News:

Natal dan Tahun Baru

Para Pejabat Forkopimda Sidoarjo Keliling Pakai Motor, Pantau Natal di Sejumlah Gereja

Para pejabat di Sidoarjo keliling ke sejumlah gereja menggunakan sepeda motor, Jumat (25/12/2020).

surya.co.id/m taufik
Para Pejabat Forkopimda Sidoarjo Keliling Pakai Motor memantau kondisi Natal di sejumlah gereja. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Para pejabat di Sidoarjo keliling ke sejumlah gereja menggunakan sepeda motor, Jumat (25/12/2020). Termasuk Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, dan Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Mohammad Iswan Nusi terlihat memimpin rombongan.

Bersama sejumlah pejabat lain, mereka mengecek gereja-gereja yang sedang menggelar ibadah Natal. Di sela pengecekan, para pejabat itu juga sempat menyapa para jemaah di sela melaksanakan ibadahnya di gereja.

Penerapan protokol kesehatan di gereja juga menjadi perhatian para pejabat. Tempat cuci tangan dan penyediaan hand sanitizer, jaga jarak, serta kewajiban pakai masker bagai semua pihak. 

"Karena pada Natal kali ini kita masih berada di masa pandemi, sehingga penerapan protokol kesehatan menjadi syarat wajib," kata Cak Hud, panggilan Hudiyono.

Di sela kunjungannya, Hudiyono mengapresiasi upaya yang dilakukan para pengurus gereja dan aparat keamanan, TNI-Polri serta instansi terkait lainnya yang telah bersama-sama menjaga perayaan Hari Raya Natal 2020 hingga semua berjalan aman dan kondusif.

Menurut Kapolres Sumardji, sejauh ini semua perayaan Natal di Sidoarjo berjalan aman dan kondusif. Tidak ditemukan kejadian mencolok di berbagai wilayah.

 "Perayaan misa natal di sejumlah gereja di kawasan kota Sidoarjo berlangsung aman dan lancar meski dalam kondisi pandemi covid-19," ujar Sumardji.

Berbeda dengan perayaan natal tahun sebelumnya, untuk perayaan natal tahun ini sejumlah gereja mengurangi jumlah jemaat yang mengikuti kegiatan ibadah misa, sebagai upaya untuk menjaga protokol kesehatan. 

Dengan mengedepankan aturan protokol kesehatan, ratusan umat kristiani di Sidoarjo ini menjalankan ibadah di dalam gereja dengan tetap menggunakan masker dan jaga jarak antar umat saat proses ibadah berlangsung.

"Penerapan protokol kesehatan juga bagus. Berbagai upaya itu kita lakukan bersama untuk mencegah penyebaran covid-19," imbuhnya.

Dari sejumlah gereja yang melaksanakan ibadah misa natal, rata-rata jumlah jemaat yang datang ke gereja hanya sekitar 20 hingga 30 persen dari total kapasitas yang ada. 

Di tengah pandemi covid ini,  jemaat gereja banyak yang memilih melakukan ibadah misa natal di rumah alias ibadah secara virtual yang dipimpin sang pendeta dari dalam gereja.

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved