Breaking News:

Berita Pendidikan Surabaya

SMKN 12 Surabaya Lirik Industri Perhiasan untuk Peluang Kerja Para Lulusan

Program revitalisasi SMK yang dicanangkan Presiden RI sejak 2016 terus dilakukan di SMKN 12 Surabaya. 

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Parmin
surya.co.id/sulvi sofiana
Aktivitas siswa SMKN 12 saat praktek kriya kreatif sebelum pandemi. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Program revitalisasi SMK yang dicanangkan Presiden RI sejak 2016 terus dilakukan di SMKN 12 Surabaya

Kini upaya pengembangan sekolah dilakukan melalui "Peningkatan Kapabilitas Manajerial Kepala SMK berbasis Industri tahun 2020".

Melalui program ini, Kepala SMKN 12 Surabaya, Biwara Sakti Pracihara bekerjasama dengan Program Magister Managemen (PSMM) Universitas Brawijaya (UB) Malang dalam membuat strategi "Pemenuhan  Kebutuhan Pasar Kerja Bidang Perhiasan". 

Hal ini sesuai tuntutan industri perhiasan yang perlu digencarkan dengan sosialisasi program pelatihan perhiasan sebagai craftmenship dan desainer. 

Sebab, banyak perusahaan perhiasan di Jatim khususnya Surabaya yang membutuhkan lulusan dengan kompetensi kemasan (craftmenship) dan desain jewelry. 

"Pemenuhan kebutuhan pasar kerja di bidang perhiasan sangat kurang. Untuk menghadapi tantangan itu maka kompetensi keahlian Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan perlu membina banyak siswa untuk sektor yang mengandalkan kemampuan penguasaan teknologi pada craftmentship dan desain perhiasan," ujar Praci, Kamis (10/12/2020). 

Disebutkan Praci, sebanyak 500 perusahaan perhiasaan dan mayoritas maupun level skala perusahaan besar terdapat di Surabaya. 

Karenanya, sebagai sekolah seni terbesar di Jatim, SMK Negeri 12 Surabaya konsisten dalam mencetak tenaga kerja di bidang perhiasan. 

Namun hal itu juga tak mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang perhiasan di Jawa Timur. 

"Dalam program Manajerial Kepala SMK berbasis Industri tahun 2020 kami memilih Kriya kreatif dan logam seni perhiasan karena peluang kerja sangat tinggi. Paling tidak mengikis stigma bahwa SMK penyumbang pengangguran terbanyak," jabarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved