Breaking News:

Berita Gresik

Penyaluran BPNT Gresik Diduga Disunat, Pernah Diingatkan Dinsos, Polres Gresik dan Menteri Sosial

Suplier itu sudah ditentukan wilayah penyalurannya. Padahal seharusnya, e-warong atau agen yang memilih sendiri mengambil barang dari suplier.

Istimewa
Paket BPNT senilai Rp 200.000 yang diterima KPM di Gresik pada bulan November. SURYA/Istimewa 

SURYA.CO.ID I GRESIK – Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Gresik diduga disunat oknum tertentu karena tidak sesuai jumlah bantuan sebesar Rp 200.000.

Untuk mencegah kebocoran bantuan, manajemen suplier akan menerapkan pedoman umum. Mengingat di Gresik banyak suplier bayangan.

Bantuan non tunai sebesar Rp 200.000 untuk masyarakat miskin sangat rawan diakali demi keuntungan suplier bayangan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Gresik, Sentot Supriyohadi, mengatakan dari hasil Rapat Koordinasi (Rakor) BPNT di Bali, akan ada manajemen untuk mengatur para suplier.

Namun, pria berkacamata ini masih belum bisa menjelaskan secara gamblang seperti apa manajemen suplier.

"Benar ada manajemen suplier, tapi seperti apa, saya belum tahu karena yang datang kemarin perwakilan," katanya, Sabtu (21/11).

Adanya manajemen ini, diharapkan bisa mengontrol bantuan untuk masyarakat miskin dari pemerintah pusat bebas dari 'penyunatan'.

Pasalnya, penyaluran BPNT masih dalam bentuk paketan, padahal pedoman umum, KPM bisa membeli komoditi menggunakan kartu dengan cara digesek di agen e-warong.

Nyatanya, kartu itu hanya digesekkan  oleh seseorang di agen bahkan kantor desa sejak pertama penyaluran BPNT. Pin KPM tercatat di kartu itu, sehingga mereka hanya menulis absen saja. Kemudian mengambil komoditi BPNT dalam bentuk paketan.

Ditambah lagi, suplier-suplier di Gresik ini sudah turut campur tangan dalam Rapat Tim Koordinasi (Timkor) kecamatan. Dalam pedoman umum maupun Permensos, suplier tidak diperkenankan mengikuti rapat tersebut.

Halaman
12
Penulis: Willy Abraham
Editor: Anas Miftakhudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved