Breaking News:

Virus Corona di Lumajang

Kabupaten Lumajang Kembali Jadi Zona Merah, Per Hari Ini Pasien Positif Covid-19 Mencapai 508

Bulan September, angka pasien Covid-19 di Lumajang meroket naik, diprediksi karena pembatasan sosial di beberapa wilayah saat ini sudah mulai longgar

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Cak Sur
Freepik
Ilustrasi virus Corona 

SURYA.CO.ID, LUMAJANG - Jumlah pasien positif terpapar virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Lumajang terus bertambah. Bahkan, per hari Rabu (30/9/2020) ini, jumlahnya mencapai 508 orang.

Hal ini yang menjadikan Kabupaten Lumajang yang sebelumnya zona kuning kini menjadi merah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo Ignasius mengatakan, bulan September 2020 menjadi catatan kasus tertinggi.

"Sebelumnya Maret 2020, terbanyak dengan 303 kasus. Tetapi sekarang, kenyataannya bulan ini menjadi yang tertinggi," kata Bayu, Rabu (30/9/2020).

Bulan September, angka pasien Covid-19 di Lumajang meroket naik, diprediksi karena pembatasan sosial di beberapa wilayah saat ini sudah mulai longgar.

"Kasus terendah pada bulan Juni, dimungkinkan karena pengetatan pembatasan sosial pada beberapa wilayah sekitar," ucapnya.

Kata Bayu, sebagian besar penularan pasien Covid-19 saat ini terjadi pada kasus yang bergejala, dengan sebagian kecil penularan pada kasus OTG.

"Jadi yang positif itu kan di-tracing ke keluarganya, dari situ ketemu penambahan-penambahan," ungkapnya.

Lagi, Nakes di Kabupaten Lumajang Terkonfirmasi Positif Covid-19, Per Hari Ini Jadi 108 Orang

Semakin banyaknya warga yang terpapar, dr Bayu pun mengingatkan kepada masyarakat agar jangan abai menerapkan protokol kesehatan.

"Ya semua masyrakat harus makin disiplin pakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dan saling mengingatkan. Kalau bisa menghindari kerumunan karena itu juga berisiko, sebab mustahil bisa menerapkan protokol jaga jarak dan ini menjadi tugas kita melarang beberapa kegiatan yg menimbulkan kerumunan massa," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved