Breaking News:

Berita Malang Raya

Siang Bolong Saat Warga Jumatan, Pria Muda Bobol Kotak Amal Musala Nurul Islam di Junrejo Batu

Seorang pria muda mencuri uang di kotak amal Musala Nurul Islam yang terletak di Desa Junrejo, Kota Batu. Aksinya di siang bolong terekam CCTV

ist
Tangkap layar video hasil rekaman CCTV yang menampilkan terduga pelaku pembobol kotak amal musala di Junrejo, kota Batu. 

SURYA.co.id | BATU - Seorang pria muda mencuri uang di kotak amal Musala Nurul Islam yang terletak di Desa Junrejo, Kota Batu.

Aksinya terekam oleh kamera CCTV musala.

Pria tersebut mengendarai sepeda motor dan melakukan aksinya seorang diri.

Dari rekaman CCTV, pria tersebut memarkir kendaraannya di depan musala.

Setelah memarkir motornya, pelaku tampak mondar mandir mengawasi situasi sekitar. Ketika dirasa aman, pelaku masuk ke dalam musala dan mengambil uang yang berada di dalam kotak amal.

Aksinya dilakukan ketika sebagian banyak warga tengah salat Jumat di masjid. Sehingga saat itu sangat sepi, termasuk jalanan.

Adi Wiyono, warga yang rumahnya dekat dengan musala menceritakan, maling tersebut melakukan aksinya dalam waktu yang cepat.

"Aksinya sebentar hanya 3 menit, mencongkel dan membawa kabur uang kotak amal," terang Adi, Minggu (26/9/2020).

Sebuah papan kayu pembatas di dalam musala digunakan pelaku untuk menutupi kaca yang dapat terlihat dari luar. Setelah itu ia langsung menggasak uang yang ada di dalam kotak amal. Seluruh uang diambil. Tanpa mengembalikan papan kayu, pelaku langsung pergi begitu saja.

"Padahal di mushola ini ada kegiatan jumat berkah paginya. Namun warga mulai pulang saat siang hari. Sepertinya pelaku sudah menargetkan musala ini," katanya.

Aksi pencurian di musala itu bukan hanya terjadi sekali saja. Pencurian kotak amal sudah berulang kali terjadi sehingga warga sekitar memasang CCTV.

Rudi Juniarto, pengurus Takmir Musala Nurul Islam saat ditemui mengungkapkan, kejadian pencurian itu bukan yang pertama tapi sering kali terjadi, baik siang hari maupun malam hari, tapi yang sekarang dilakukan oleh pencuri pada siang hari.

"Di musala ini sudah sering terjadi pencurian kotak amal, ini adalah yang ketiga kalinya terjadi pada Jumat, yang waktunya hampir bersamaan, memanfaatkan situasi sepi dengan merusak gembok,” kata Rudi.

Sementara itu kasat Reskrim Polres Batu, AKP Jeifson Sitorus saat dikonfirmasi terkait aksi pencurian yang terjadi di Mushola Nurul Islam, Ia mengaku belum menerima laporan resmi dari pengurus atau Takmir Setempat, namun pihaknya tetap melakukan penyelidikan dan menggali keterangan saksi termasuk rekaman CCTV.

Penulis: Benni Indo
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved