Breaking News:

Pilkada Surabaya 2020

Lanjutkan Program Risma, Eri Cahyadi Gagas Penguatan UMKM

Bakal Calon Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi berkomitmen memperluas lapangan pekerjaan lewat lewat basis ekonomi kerakyatan.

surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Eri Cahyadi dan Armuji yang diusung PDIP di Pilkada Surabaya 2020 

SURYA.co.id, SURABAYA - Bakal Calon Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi berkomitmen memperluas lapangan pekerjaan lewat lewat basis ekonomi kerakyatan. Hal ini akan sekaligus mengantisipasi dampak pandemi Covid-19.

Menurutnya, untuk mengantisipasi hal tersebut, Eri pun mengajak masyarakat untuk bersama menguatkan ekonomi kerakyatan lewat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Eri apabila dipercaya menahkodai pemerintah Kota Surabaya ke depan berkomitmen terus mengawal program pemberdayaan UMKM. Melanjutkan dengan yang telah dicanangkan Wali Kota Surabaya saat ini, Tri Rismaharini.

"Selama pandemi, banyak yang kehilangan pekerjaan. Tapi kita selalu bisa berpartisipasi menggerakkan ekonomi rakyat," kata Eri di Surabaya.

Salah satu caranya, pihaknya mengajak masyarakat untuk membeli barang atau jasa yang dijual oleh warga. "Berapapun nilainya, kita sudah berkontribusi terhadap putaran roda ekonomi warga," katanya.

Selama ini, melalui berbagai intervensi program, banyak kampung di Surabaya yang memiliki produk unggulan. "Seperti dulu yang pernah kami lakukan salah satunya dengan Surabaya Smart City (SSC) yang menjangkau hingga lebih dari 500 kampung di Surabaya," ujar pria yang sebelumnya menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini.

SSC merupakan ajang memperlombakan kampung bersih dan inovatif di seluruh RT/RW di Surabaya. Melalui lomba ini, muncul berbagai produk unggulan di tiap kampung.

Pada 2020, program ini juga menjadi salah satu upaya mengendalikan pandemi Covid-19 di Surabaya. Di antaranya, dengan menjaga kebersihan dimulai dari sektor keluarga dan kampung.

Selama ini, Surabaya di bawah kepemimpinan Risma juga dikenal memiliki berbagai terobosan dalam memberdayakan UMKM. Di antaranya, Bazar Urban Farming, Pahlawan Ekonomi, Pejuang Muda yang digelar sejak 2010 hingga saat ini.

Eri yang pada pilkada ini berpasangan dengan Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya,Armuji pun berkomitmen melanjutkan berbagai terobosan Risma tersebut. "Ke depan, levelnya harus ditingkatkan lagi melalui penguatan modal, digitalisasi produk, hingga menyalurkan produk-produk tersebut pada industri besar di Surabaya," kata kandidat yang diusung PDI Perjuangan ini. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved