Pilbup Trenggalek 2020

Bacakada di Pilbup Trenggalek 2020 Positif Covid-19, Jalani Isolasi Mandiri di Luar Kabupaten

Satu calon ini tidak menyertakan surat hasil rapid/swab test ketika mendaftar ke KPU Kabupaten Trenggalek bersama pasangannya

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Aflahul Abidin
Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, Gembong Derita Hadi saat jumpa pers tentang satu bakal calon yang positif Covid-19, Sabtu (12/9/2020). 

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK - Satu bakal calon kepala daerah (Bacakada) dalam Pilbup Trenggalek 2020 positif terpapar virus Corona atau Covid-19.

Saat ini, cakada tersebut menjalani isolasi mandiri di luar Kabupaten Trenggalek.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, Gembong Derita Hadi saat jumpa pers, Sabtu (12/9/2020).

"Yang bersangkutan isolasi di luar Kabupaten Trenggalek," tutur Gembong.

Menurutnya , bakal calon ini menjadi pasien Covid-19 dengan kondisi fisik yang sehat. Di tempat isolasi, ia juga dirawat oleh dokter yang dibiayai secara pribadi.

Satu bakal calon yang terpapar Covid-19 ini belum menjalani tes kesehatan. Sementara tiga bakal calon lain sudah melaksanakan rangkaian itu sesuai jadwal, yakni pada 7-8 September lalu.

Satu calon itu, lanjut Gembong, tidak menyertakan surat hasil rapid/swab test ketika mendaftar ke KPU bersama pasangannya, 4 September lalu.

"Sudah proses (swab) tapi hasilnya belum bisa dibaca. Karena ada gantinya rapid test, pendaftaran kami terima," terang Gembong.

Bakal calon tersebut juga belum melakukan tes kesehatan karena belum dapat menunjukkan hasil swab negatif ketika hari pertama tes tersebut.

Sementara, hasil swab negatif menjadi salah satu syarat untuk mengikuti tes kesehatan yang meliputi tes jasmani, rohani dan narkoba.

Sekadar informasi, tes kesehatan untuk bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek berlangsung di RSAL dr Ramelan Surabaya, 7-8 September.

"Setelah itu terus kami pantau. Ternyata swab-nya tidak sekali. Satu kali swab ternyata belum bisa dibaca. Swab lagi, baru tanggal 7 Semptember, tengah malam hasilnya keluar. Yang bersangkutan positif," kata Gembong.

KPU Kabupaten Trenggalek memastikan, pencalonan bakal calon yang positif Covid-19 tak gugur. Hanya saja, ada perlakuan khusus. 

"Semoga cepat sembuh dan bisa melakukan tes kesehatan," katanya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved