Breaking News:

Virus Corona di Jember

Anggota Satpol PP Pemkab Jember Meninggal Dunia Disebut Terkonfirmasi Positif Covid-19

Seorang personel Satpol PP Pemkab Jember meninggal dunia diduga terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona, Sabtu (5/9/2020).

Istimewa
Tim pemulasaraan jenazah PMI Kabupaten Jember memakamkan jenazah di masa pandemi Covid-19 sesuai prosedur keamanan, Sabtu (5/9/2020) 

Editor: Fatkhul Alami

SURYA.co.id | JEMBER - Seorang personel Satpol PP Pemkab Jember meninggal dunia diduga terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona, Sabtu (5/9/2020).

Pemakaman jenazah personel Satpol PP itu memakai standar pemakaman pasien Covid-19 di masa pandemi.

Lelaki itu dimakamkan di TPU Gebang Kecamatan Patrang. Tim pemulasaraan jenazah PMI Jember yang menjemput jenazah tersebut dari sebuah rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Jember.

"Tadi pagi kami mendapatkan permintaan menjemput jenazah, dan mengantar ke lokasi pemakaman di Gebang. Kami memakamkan sekitar pukul 11.00 Wib. Pemakaman memakai prosedur pemakaman pasien Covid-19," ujar Humas PMI Jember Ghufron Eviyan Efendi kepada Surya, Sabtu (5/9/2020).

Jenazah yang dimakamkan di Gebang itu disebutkan pasien terkonfirmasi, karena tim pemulasaraan jenazah diberitahu oleh dokter rumah sakit setempat. Meskipun jenazah itu pasien terkonfirmasi, namun pemakaman berjalan lancar dan tidak ada penolakan dari warga sekitar.

Dari informasi yang dihimpun Surya, jenazah itu merupakan jenazah personel Satpol PP Pemkab Jember. Dia bertugas di Kantor Pemkab Jember. Lelaki itu disebut sudah dua pekan tidak masuk kerja, dan sepekan terakhir dirawat di rumah sakit.

Setelah memakamkan jenazah di TPU Gebang, tim pemulasaraan jenazah PMI Jember, juga memakamkan jenazah, Sabtu (5/9/2020) sore. Pemakaman itu dilakukan di TPU Jl Jawa. Tetapi tim pemulasaraan jenazah tidak mendapatkan informasi apakah jenazah itu terkonfirmasi Covid-19 atau tidak.

"Untuk jenazah yang kedua, pemakaman juga memakai prosedur pemakaman jenazah di masa pandemi Covid-19," ujar Ghufron.

Selama di masa pandemi Covid-19 ini, tim pemulasaraan jenazah PMI Jember telah memakamkan 44 jenazah memakai standar pemakaman di masa pandemi. Ke-44 jenazah itu, baik jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19, juga tidak atau non-Covid-19.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jember Gatot Triyono belum menjawab konfirmasi dari wartawan perihal meninggalnya personel Satpol PP Pemkab Jember, juga tindakan lebih lanjut paska meninggalnya Satpol PP yang sehari-hari bertugas di Kantor Pemkab Jember Jl Sudarman tersebut.

Gatot membagi perkembangan terbaru peta sebaran Covid-19 di Jember. Sampai per 5 September 2020, jumlah total positif Covid-19 mencapai 577 orang, dengan rincian pasien sembuh 486 orang, dan 53 orang masih dirawat, serta 38 orang meninggal dunia.

Berdasarkan data Sabtu (5/9/2020), ditemukan 12 kasus baru terkonfirmasi positif, sembilan orang sembuh, dan satu orang meninggal dunia.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved