Breaking News:

Berita Mancanegara

Kucing Hewan Pertama Yang Tertular Covid-19 di Inggris

Kucing adalah hewan pertama yang terkonfirmasi positif tertular akibat tertular majikannya yang sebelumnya juga dipastikan posit

Penulis: Deddy Humana | Editor: Deddy Humana
www.glasgowlive.co.uk
Kucing Hewan Pertama Yang Tertular Covid-19 di Inggris 

SURYA.CO.ID, LONDON - Kasus penularan Covid-19 pada binatang piaraan, seperti kucing, bisa menjadi peringatan bagi para pecinta hewan lucu ini.

Karena kucing adalah hewan pertama yang terkonfirmasi positif virus asal Wuhan ini, akibat tertular majikannya yang sebelumnya dipastikan positif Covid-19.

Kucing itu dites di laboratorium Weybridge, Surrey, pada 22 Juli 2020 lalu.

Sekarang kucing dan majikannya itu sudah pulih dan tidak ada penularan Covid-19 kepada hewan atau orang lain di rumah itu.

Mengutip laman Skynews.UK, Senin (27/7/2020), Profesor Margaret Hosie dari the MRC-University of Glasgow Centre for Virus Research mengatakan, sudah sering ada laporan mengenai penularan Covid-19 pada kucing di Hongkong, Belgia, Prancis, Jerman, Swiss, Spanyol dan sekarang Inggris.

Bahkan satwa yang termasuk kelas pemangsa yaitu seekor harimau di bonbin Bronx New York AS, juga dilaporkan tertular, April lalu.

"Semua fakta itu menunjukkan bahwa kucing itu ditulari majikannya, yang sebelumya juga dinyatakan positif," kata Profesor Hosie.

Kepala Departemen Veteriner di Surrey, Christine Middlemiss menjelaskan bahwa penularan ke hewan piaraan sangat jarang terjadi, dan hewan seperti kucing hanya menunjukkan gejala klinis ringan dan cepat pulih dalam hitungan hari.

"Jadi, sesuai dengan imbauan pencegahan Corona, sebaiknya kita sering mencuci tangan, termasuk sebelum dan sesudah bersentuhan dengan hewan piaraan," tambah Yvonne Doyle, Kepala Perawat Bidang Kesehatan Masyarakat Inggris.

Sampel yang diujikan dari kucing itu menjadi bagian dari program penelitian Badan Kesehatan Hewan dan Pangan, dan terbukti ada jejak SARS-CoV2, yaitu virus yang menjadi penyebab penularan Covid-19 pada manusia.

Dan pada awal meledaknya wabah Covod-19 di Inggris beberapa bulan silam, banyak pemilik kucing bertanya melalui situs Asosiasi Veteriner Inggris, apakah hewan piaraan mereka bisa tetap tinggal di dalam rumah.

Kemudian asosiasi memberi penjelasan bahwa hanya kucing piaraan yang tertular Covid-19, atau yang bersama majikannya dalam masa isolasi diri, yang harus tetap berada di dalam rumah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved