Breaking News:

Virus Corona di Gresik

Anggota TNI dan Polri di Gresik Dilatih Pemulasaran Jenazah Covid-19

Tim gabungan dari Kodim 0817 Gresik dan jajaran Polres Gresik dilatih pemulasaran jenazah coronavirus disease (Covid-19).

Foto: istimewa
PELATIHAN - Pelatihan pemulasaran jenazah covid-19 untuk anggota TNI/Polri di Mapolres Gresik, Minggu (12/7/2020). 

SURYA.co.id | GRESIK - Tim gabungan dari Kodim 0817 Gresik dan jajaran Polres Gresik dilatih pemulasaran jenazah coronavirus disease (Covid-19). Kegiatan ini untuk menyiapkan jajaran bhabinkamtibmas dan bhabinsa untuk tugas mencegah penyebaran covid-19 di desa-desa.

Pelatihan gabungan pemulasaran jenazah covid-19 ini diikuti personil TNI dan Polri sebagai pelaksana dan mendapatkan materi dari dinas kesehatan Kabupaten Gresik.

Materi yang diberikan, mulai cara penanganan pertama jenazah sampai dengan jenazah dikuburkan. Meskipun status jenazah masih belum diketahui positif atau negatif covid, namun tetap dilaksanakan pemakaman sesuai dengan protokoler covid-19. Hal ini mengantisipasi adanya kemungkinan penularan apabila di kemudian hari diketahui jenazah benar-benar confirm covid-19.

Dalam penanganan pemakaman jenazah, petugas harus menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap mulai dari face shield, kaca mata, sarung tangan lateks dan ditambah sarung tangan luar, sepatu boot. Apron yang digunakan oleh petugas merupakan berbahan serat mikro untuk mencegah masuknya virus covid-19.

"Pemateri juga menegaskan, apabila jenazah sudah disterilkan di rumah sakit, maka tidak boleh dibuka dari peti sterilisasi sampai dikuburkan," kata Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto.

Lebih lanjut Arief mengatakan, pelatihan ini juga dimungkinkan untuk membentuk tim gabungan dalam rangka mengantisipasi permasalahan membawa pulang jenazah pasien positif Covid-19 tanpa melalui prosedur protokoler kesehatan.

"Hal ini juga untuk meningkatkan kampung tangguh yang digagas Kapolda Jatim," imbuhnya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved