Breaking News:

Keistimewaan Waktu Ashar di Hari Jumat, Doa Mustajab

Waktu Ashar di Hari Jumat memiliki keistimewaan bagi umat Muslim.Dalam sebuah hadist dijelaskan, keistimewaan Hari Jumat

surya/erwin wicaksono
Ilustrasi - Keistimewaan Waktu Ashar di Hari Jumat, Doa Mustajab 

SURYA.CO.ID - Waktu Ashar di Hari Jumat memiliki keistimewaan bagi umat Muslim.

Dalam sebuah hadist dijelaskan, keistimewaan Hari Jumat

"Pada Hari Jumat terdapat satu saat yang tidaklah seorang mukmin menetapinya dalam keadaan berdiri mengerjakan Shalat, lalu ia mohon sesuatu kepada Allah, kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya," (HR Turmudzi, Nasa'i, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Malik).

Sementara doa Mustajab terkahir adalah di waktu Shalat Ashar hari Jumat.

"Hari Jumat ada 12 (dua belas jam) yang tidaklah seorang muslim dijumpai dalam keadaan memohon sesuatu kepada Allah, melainkan Allah mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu carilah waktu tersebut pada saat terakhir setelah Ashar (HR Nasa'i dan Abu Daud), mengutip buku 125 Masalah Shalat, Muhammad Anis Sumaji, Penerbit Tiga Serangkai.

Kapan Waktu Membaca Surat Al Kahfi dan memperbanyak doa?

Menurut penjelasan Ustadz Abdul Somad, berdasarkan ijtihad ulama memang ada waktu khusus hari Jumat yang diperintahkan untuk memperbanyak doa.

Tidak hanya malam Jumat, namun sepanjang waktu Jumat.

"Seperti suatu cermin ada satu titik hitam, dan kita tidak pernah tahu keberadaan titik itu di atas, di bawah, disamping kanan, atau disamping kiri. Kkalau doa kita tembus titik itu, maka makbul. Dari mulai kapan (doa waktu Jumat)? Mulai adzan Maghrib sore (Kamis malam Jumat) sampai waktu maghrib hari Jumat tiba," jelas Ustadz Somad.

"Ulama berijtihad 40 titik, makanya kalau ada khatib naik mimbar pas khatib sedang duduk, ada yang mengangkat tangan untuk doa.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved