Virus Corona di Jember

RSD Dr Soebandi Jember Ditunjuk Periksa Spesimen Pasien PDP Covid-19 di Eks Karesidenan Besuki

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menunjuk RSD dr Soebandi Jember sebagai laboratorium pemeriksa spesimen tes swab Covid-19.

foto:diskominfo jember untuk surya.co.id
Alat pemeriksaan di Laboratorium Patologi RSD dr Soebandi Jember. RSD dr Soebandi ditunjuk untuk memeriksa spesimen pasien dari rumah sakit rujukan di eks Karesidenan Besuki (Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Kota dan Kabupaten Probolinggo). 

Surya.co.id | JEMBER - Pemprov Jatim menunjuk RSD dr Soebandi Jember sebagai laboratorium pemeriksa spesimen tes swab Covid-19.

RSD dr Soebandi ditunjuk untuk memeriksa spesimen pasien dari rumah sakit rujukan di eks Karesidenan Besuki (Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo), juga Kota dan Kabupaten Probolinggo.

Penunjukan itu seiring dilengkapinya Laboratorium Patologi RS milik Pemkab Jember itu dengan alat pemeriksaan spesimen Covid-19.

Laboratorium tersebut sudah ditata dan dioperasikan pertengahan pekan ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Jember Gatot Triyono mengatakan, sebenarnya RSD dr Soebandi sudah memiliki alat tes cepat molekular atau TCM.

"Namun membutuhkan alat konversi yakni cartridge. Alhamdulillah, mulai Senin lalu sudah mendapat kiriman cartridge dari Kementerian Kesehatan," ujar Gatot melalui siaran pers, Jumat (22/5/2020).

Alat tersebut di ruang Instalasi Laboratorium Patologi Klinik RSD Soebandi, yang telah memenuhi standar bio safety level 2.

Laboratorium pemeriksa RSD dr Soebandi ditunjuk untuk memeriksa spesimen pasien dari rumah sakit rujukan di eks Karesidenan Besuki, juga Kota dan Kabupaten Probolinggo.

Spesimen itu berasal dari orang dalam pemantauan (ODP), maupun pasien dalam pengawasan (PDP) yang dikirimkan oleh rumah sakit perujuk.

Pemeriksaan di RSD dr Soebandi ini, lanjut Gatot, akan memangkas waktu pemeriksaan untuk mengetahui hasilnya.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved