Breaking News:

Virus Corona di Jember

Papan 'Kanggo Sing Ndableg', Cara Polres Jember Putus Mata Rantai Corona

'Jaman saiki cuman ono 3 pilihan : 1. Nang omah melu anjuran pemerintah; 2. Mlebu IGD; 3. Fotomu nempel nang buku yasin'.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Eben Haezer Panca
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Papan woro-woro 'Kanggo Sing Ndableg' 

SURYA.co.id, Jember - Sebuah papan woro-woro dari Satuan Sabhara Polres Jember mencolok mata terlihat di persimpangan pertemuan Jl Ahmad Yani dan Trunojoyo, Jember, Minggu (29/3/2020).

Papan pengumuman berwarna dasar kuning itu berisi ajakan pencegahan penyebaran Virus Corona. Hanya saja, bunyi pengumuman itu ditulis dalam bahasa Jawa Jemberan yang secara mudah dicerna, sekaligus menohok.

Papan pengumuman itu berjudul 'Kanggo Sing Ndableg (Untuk yang susah diingatkan)'.

Di bawahnya tertulis 'Jaman saiki cuman ono 3 pilihan : 1. Nang omah melu anjuran pemerintah; 2. Mlebu IGD; 3. Fotomu nempel nang buku yasin'. Artinya antara lain sebagai berikut: Jaman sekarang cuma ada 3 pilihan: 1. Tetap di rumah mengikuti anjran pemerintah. 2. Masuk IGD. 3. Fotomu menempel di buku yasin. 

Kemudian ada tiga tanda pagar yakni #nangomahwae, #gakusahkelayapan, #ikutiaturanpemerintah. Tidak lupa, tiga foto menyertai yakni orang rebahan di kursi sofa, orang diangkut di atas brankar, dan sampul buku Surat Yasin yang biasa ditemukan dan dibagikan ketika tahlil orang meninggal dunia.

Tidak lupa, logo Satuan Sabhara dan tulisan Satsabhara Polres Jember juga terpampang di papan pengumuman tersebut.

Menurut Kepala Satuan Sabhara Polres Jember, AKP Sunarto, papan ajakan untuk tetap tinggal di rumah demi memutus mata rantai penyebaran Virus Corona itu dipasang mulai Minggu (29/3/2020).

"Baru dipasang tadi padi. Sementara ini hanya di satu titik, di pertigaan pertemuan Jl Ahmad Yani dan trunojoyo menuju Gladak Kembar itu," ujar Sunarto kepada Surya, Minggu (29/3/2020).

Sunarto menambahkan, woro-woro itu sebagai ajakan kepada warga untuk tetap tinggal di rumah, demi mencegah penyebaran Virus Corona di Jember.

Dari pantauan Surya di media sosial, papan woro-woro dari Satuan Sabhara Polres Jember itu menjadi viral sejak Minggu (29/3/2020) sore.

Sejumlah warganet mengunggah papan imbauan itu ke akun media sosial mereka. Warganet juga mengunggahnya melalui akun komunitas di beberapa daerah, seperti di akun FB Komunitas Peduli Malang. Akun instagram milik Polres Jember @polisi_jember juga mengunggah woro-woro tersebut. Belum lagi, foto papan pengumuman tersebut juga langsung berantai masuk ke sejumlah grup percakapan WhastApp.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved