Breaking News:

Citizen Reporter

Salah Satu Syarat Puisi Seleksi Peksiminas Sesuai Ejaan

Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) menjadi ajang lomba yang ditunggu. Itu sebabnya, Universitas Trunojoyo Madura mulai menyeleksi.

citizen reporter/Badriyatus Solihah
Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura mengikuti seleksi penulisan cerpen dan puisi. 

Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) adalah ajang perlombaan yang dinanti oleh mahasiswa yang bergelut dalam bidang kesenian, termasuk mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Peksiminas diadakan satu kali dalam dua tahun oleh Kementerian Ristekdikti.

Pada 2020 ini, UTM mengadakan seleksi untuk setiap cabang lomba Peksiminas. Masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian UTM menjadi koordinator di setiap cabang lomba.

Salah satu cabang lombanya merupakan kepenulisan cerpen dan puisi yang dilaksanakan Sabtu (7/3/2020) di gedung Ruang Kuliah Bersama E Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) UTM. UKM Kesenian FISIB, Abstra menjadi koordinator untuk cabang lomba itu.

Jumlah peserta yang mengikuti seleksi Peksiminas cabang kepenulisan cerpen dan puisi 127 mahasiswa dari berbagai jurusan di UTM. Jumlah peserta untuk lomba kepenulisan cerpen sebanyak 60 mahasiswa, sedangkan peserta untuk lomba kepenulisan puisi sebanyak 67 mahasiswa.

"Banyak peserta dari berbagai jurusan yang berpartisipasi," tutur Ana Maya Sobara, koordinator Peksiminas cabang lomba kepenulisan cerpen dan puisi.

Selama dua jam, peserta diminta untuk membuat puisi. Sementara itu, ada waktu lima jam untuk mereka yang mengikuti seleksi penulisan cerpen.

Menurut Yuni Kartika Sari, juri kepenulisan puisi, penilaian penulisan puisi, yang paling utama adalah penulisan PUEBI, karakter kepenulisan, kekayaan bahasa, dan kosa kata dan gaya pengungkapannya.

Seluruh peserta tampak sudah mempersiapkan diri dengan baik. Itu yang dilakukan salah satupeserta, Fatihul Khotim dari Ilmu Komunikasi UTM.

“Persiapan saya dengan sering membaca puisi di internet. Itu untuk referensi,” katanya.

Mereka yang lolos seleksi akan menjadi perwakilan UTM ke tingkat Jawa Timur.

Badriyatus Solihah
Mahasiswa Sastra Inggris
Universitas Trunojoyo Madura
Badriyatus3010@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved