Pilwali Surabaya 2020

Slogan #IkiSuroboyo Mirip Kampanye Risma-Whisnu di Pilkada 2015. Ini Tanggapan Gus Hans

Slogan IkiSuroboyo yang diusung Gus Hans dalam Pilwali Surabaya 2020 disebut mirip slogan Risma-Whisnu saat Pilkada Surabaya 2015 lalu.

Slogan #IkiSuroboyo Mirip Kampanye Risma-Whisnu di Pilkada 2015. Ini Tanggapan Gus Hans
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Gus Hans 

SURYA.co.id, SURABAYA - Slogan #IkiSuroboyo yang diusung Bakal Calon Walikota Surabaya, KH Zahrul Azhar Asumta Asad ternyata pernah digunakan pada Pilkada Surabaya 2015 lalu oleh pasangan Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana.

Risma-Whisnu yang saat itu kembali mencalonkan di periode kedua menggunakan slogan ini pada sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK). Hasilnya, pasangan yang diusung PDI Perjuangan ini terpilih sebagai wali kota dan wakil wali kota periode 2015-2020 dengan kemenangan telak (86,34 persen).

Menyikapi hal ini, Gus Hans membantah pihaknya meniru slogan Risma-Whisnu. "Saya justru baru tahu ketika di share di grup (WhatsApp) ternyata ada kemiripan dengan Risma-Whisnu. Artinya, tidak ada kesengajaan," kata Gus Hans kepada Surya.co.id, ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (28/2/2020).

Pihaknya hanya menanggapi positif bahwa kesamaan itu bisa jadi sebagai bentuk kesamaan visi membangun Surabaya. "Bisa jadi ada chemistry yang memang harus dibangun dengan teman-teman merah (PDI Perjuangan) serta teman-teman lain," katanya.

Apalagi, pihaknya juga sudah berkomunikasi intensif dengan para kader berlambang kepala banteng ini. "Kalau dengan teman-teman merah sudah menjalin komunikasi," katanya.

Menurutnya, pihaknya hingga kini tetap berusaha menggalang koalisi. Apalagi, partai yang menaunginya, Golkar, tak memiliki cukup kursi untuk mengusung calon. "Prinsipnya, saya juga sedang ditugasi Partai saya untuk komunikasi dengan semua partai. Itu kami lakukan, apalagi mayoritas partai kan memiliki ideologi yang sama," kata Wakil Ketua DPD Golkar Jawa Timur ini.

PDI Perjuangan (15 kursi) bersama Golkar (lima kursi) menjadi dua di antara empat partai yang belum memutuskan arah dikungan di Pilkada 2020. Selain dua partai ini, ada PKS (lima kursi) serta PSI (4 kursi) yang juga masih melakukan seleksi calon.

Untuk diketahui, Bakal Calon Walikota Surabaya, KH Zahrul Azhar Asumta Asad mengenalkan jargon baru, #IkiSuroboyo. Secara spesifik, pria yang akrab disapa Gus Hans ini pun menjelaskan kepada Surya.co.id.

Iki Suroboyo merupakan kalimat dalam bahasa Jawa yang artinya Ini Surabaya. Menurut Gus Hans, karena ini adalah Surabaya, maka seluruh masyarakat memiliki potensi dan kesempatan yang sama memimpin Surabaya.

"Maksud saya, karena ini Surabaya, maka sebenarnya semua bisa beratisipasi dan berPeran. Tidak boleh ada yang saling menglaim, ini mampu, ini nggak mampu dan ssbagaianya," kata Gus Hans kepada Surya.co.id, ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (28/2/2020).

Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya telah memiliki infrastruktur yang cukup. Sehingga, kepala daerah berikutnya sebenarnya memiliki potensi yang sama untuk mengembangkan ibu kota Jawa Timur hari ini.

"Infrastruktur sudah ada, APBD juga berlebihan. Artinya, semua memiliki kesempatan dan potensi yang sama memimpin Surabaya," jelas pria yang juga Wakil Ketua DPD Golkar Jawa Timur ini. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved