Berita Malang Raya

Mengaku 10 Tahun Jadi Penipu, Pasutri Asal Jateng Pakai Modus Ini Kelabui Korbannya di Malang

Pasutri penipu asal Jawa Tengah tertangkap di Kota Malang, korbannya tersebar di beberapa daerah, termasuk Kalimantan dan Jakarta

Mengaku 10 Tahun Jadi Penipu, Pasutri Asal Jateng Pakai Modus Ini Kelabui Korbannya di Malang
SURYA.co.id/Aminatus Sofya
Polresta Malang Kota menyita sejumlah kartu pegawai bank palsu milik pasangan suami istri asal Jawa Tengah, Agus Sutopo (43) dan Aldila Aprilia (37). Kartu-kartu yang diamankan di antaranya kartu pegawai Bank BCA, Bank Mandiri dan Bank BNI. 

Laporan Reporter, Aminatus Sofya

SURYA.co.id | MALANG - Polresta Malang Kota menyita sejumlah kartu pegawai bank palsu milik pasangan suami istri (Pasutri) asal Jawa Tengah, Agus Sutopo (43) dan Aldila Aprilia (37). Kartu-kartu yang diamankan di antaranya kartu pegawai Bank BCA, Bank Mandiri dan Bank BNI.

“Kartu-kartu ini digunakan untuk mengelabui korbannya. Mereka cetak sendiri secara pribadi,” ujar Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata, Selasa (17/12/2019).

Saat menipu korbannya, jelas Leo, pasutri itu berkomplot dengan dua orang lain berinisial TKA dan A. Si TKA bertugas sebagai WNA dan A menyamar sebagai pegawai bank.

“Jadi ketika AS dan AA ini sudah menentukan korbannya, TKA dan A ini akan datang menghampir dan berpura-pura sebagai teman lama. A ini kemudian bertugas meyakinkan korbannya bahwa uang-uang yang ditukarkan itu asli,” bebernya.

Kepada polisi, Agus mengaku sudah 10 tahun menjalani profesi sebagai penipu. Korbannya, tak hanya berada di Kota Malang namun tersebar di berbagai daerah termasuk Kalimantan dan Jakarta.

“Korbannya banyak. Tersebar karena mereka ini berpindah-pindah,” ucap Leo.

Selain kartu identitas palsu, polisi juga menyita berbagai barang-barang elektronik seperti tiga TV LED, keyboard, turn table dan puluhan lembar mata uang asing Brazil dan Turki serta beberapa buku rekening.

Atas ulahnya, Agus dan Aldila dijerat dengan pasal 378 dan 362 KUHP dan diancam pidana maksimal lima tahun. Sementara TKA dan A masih dalam pengejaran.

Sebelumnya diberitakan Polresta Malang Kota menangkap Agus dan Aldila karena menipu dengan modus menukar mata uang asing. Mata uang asing yang ditukar telah kedaluwarsa alias sudah tidak berlaku.

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved