Berita Madiun

Di Kota Madiun, Durasi Kembang Api Penanda Pergantian Tahun Baru 2020 Diperpendek

Petasan dapat diganti dengan membunyikan suara kentongan, bedug, atau alat-alat musik tradisional asli Indonesia.

Di Kota Madiun, Durasi Kembang Api Penanda Pergantian Tahun Baru 2020 Diperpendek
surya.co.id/rahadian bagus priambodo
Perayaan tahun baru 2019 di Alun-alun Kota Madiun pada tahun 2018 

SURYA.co.id | MADIUN - Ketua MUI Kota Madiun, Muhammad Sutoyo, mengusulkan agar durasi kembang api yang dinyalakan senagai penanda pergantian tahun baru baru diperpendek.

Sutoyo juga berharap, penanda pergantian tahun baru pada tahun ini tidak menggunakan kembang api atau petasan.

Hal itu disampaikan Sutoyo, saat Rapat Operasi Lilin Semeru 2019 dalam rangka Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Mapolres Madiun Kota, Kamis (12/12/2019).

"Saya mengusulkan kalau bisa kembang api itu durasinya diperpendek. Paling lama ya lima menit. Bu Wakil Wali Kota dan Pak Wakapolres juga setuju," katanya.

Dia menuturkan, seharusnya bila Kota Madiun tidak ingin membawa budaya dari luar negeri, budaya perayaan tahun baru yang ditandai dengan menyalakan petasan dan kembang api dihilangkan.

Sutoyo mengatakan, acara pergantian tahun baru, menurutnya dapat diganti dengan kebudayaan Indonesia.

Ia mencontohkan, misalnya petasan dapat diganti dengan membunyikan suara kentongan, bedug, atau alat-alat musik tradisional asli Indonesia.

"Kalau kita komitmen tidak membawa budaya luar, kan bisa ditandai dengan apa gitulah. Misalnya, diganti dengan bedug atau kentongan. Itu kan budaya asli Jawa," kata dia.

Menurutnya, menyalakan petasan itu identik dengan hura-hura, sehingga menyalakan petasan dan kembang api sudah bukan lagi hal yang perlu dilakukan.

Sutoyo juga mengusulkan kepada Pemkot Madiun agar membuat imbauan kepada pengurus musala maupun masjid di Kota Madiun untuk menyelenggarakan kegiatan saat malam tahun baru.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved