Berita Pasuruan

Bupati Pasuruan Kembali Terima Penghargaaan Karena Komitmen Kembangkan Hal Ini

Penghargaan diberikan di sela-sela acara Puncak Peringatan Hari Perkebunan ke 62 tahun 2019, di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian

Humas Pemkab Pasuruan
Bupati Irsyad Yusuf menerima penghargaan di Puncak Peringatan Hari Perkebunan ke 62 tahun 2019, di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), Malang, Selasa (10/12/2019). 

SURYA.co.id | PASURUAN - Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian RI, Kasdi Subagyono memberikan penghargaan kepada Bupati Irsyad Yusuf atas komitmen tinggi dalam upaya pengembangan Hilirisasi dan Kewirausahaan Bidang Perkebunan.

Penghargaan diberikan di sela-sela acara Puncak Peringatan Hari Perkebunan ke 62 tahun 2019, di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), Malang, Selasa (10/12/2019).

Menurut Bupati Irsyad, prospek perkebunan di Kabupaten Pasuruan, utamanya kopi, sangat menjanjikan. Total ada delapan kecamatan penghasil kopi.

Yakni Kecamatan Purwodadi, Purwosari, Prigen, Tosari, Tutur, Lumbang, Puspo dan Pasrepan.
Seluruh kecamatan tersebut memiliki kekhasan tersendiri, baik jenis robusta maupun Arabica.

“Saya menyadari betul bahwa banyak wilayah di Kabupaten Pasuruan yang bisa ditanami kopi dan hasilnya luar biasa. Dari semua wilayah pegunungan, kita kembangkan perkebunan kopi dengan bantuan bibit, alat perkebunan sampai pelatihan, semuanya untuk mengembangkan kopi kita, yakni Kapiten,” katanya.

Dijelaskan Irsyad, tanaman kopi di Kabupaten Pasuruan tumbuh dan berkembang di dataran tinggi.

Untuk kopi Robusta ditanam pada ketinggian 400-800m dpl.

Sedangkan jenis Arabica ditanam pada ketinggian 700-1500 m dpl.

Sedangkan produksi kopi di Kabupaten Pasuruan mampu menghasilkan 1.355,55 ton kopi ose dengan rata-rata per hektar mencapai 713,75 kg.

“Kita punya nama-nama merk kopi yang merupakan produk kapiten dan sudah dipatenkan. Seperti seperti Kopi Joss dari Tutur, Kopi Arjuna Semar dari Purwodadi dan Kopi Ledug dari Prigen. Ada juga merk lain seperti Kopi Suwuk, Kopi Lanang, Kopi Tunas Sari, Kopi Pak Tani, Kopi Lesung, Bon Jawi Coffee, Kopi Sumadi. Semua merk kopi ini berani bersaing dengan kopi lain,” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved